Cara menulis Arab beserta Harakatnya pada Komputer

Bagi sebagian orang menulis huruf arab pada komputer mungkin merupakan hal yang sangat mudah, namun bagi sebagian orang termasuk saya pribadi, menulis huruf arab pada komputer adalah hal yang asing dan belum pernah saya lakukan. Sebelumnya saya hanya mengenal add-on Qur'an in Word, dimana aplikasi ini berfungsi untuk menuliskan ayat Al-Qur'an dalam lembar kerja Microsoft Word secara cepat dan mudah. Masalahnya, bagaimana seandainya tulisan arab yang hendak ditulis bukan ayat Al-Qur'an, melainkan hadis atau menulis kalimat dalam bahasa arab?

Ternyata, untuk menulis bahasa arab pada komputer tidaklah sulit, asalkan kita telah memahami ejaan pada penulisan bahasa arab dan fitur bahasa arab pada perangkat komputer telah diaktifkan. Pada tulisan ini saya menggunakan Windows 10 dan Microsoft Word 2016, mungkin akan berbeda apabila Anda hendak melakukan konfigurasi menggunakan sistem operasi Windows 7, untuk mengaktifkan bahasa arab berikut caranya. Pertama silakan masuk ke pengaturan kemudian pilih menu Speech, region, date, bisa Anda lihat seperti pada poin 01 dalam gambar dibawah ini.

cara menulis arab

Selanjutnya klik pada sub-menu Languages (poin 02 pada gambar di bawah) yang terletak di sebelah kiri panel pengaturan Windows. Di sebelah kanan akan terlihat daftar bahasa yang telah terpasang.

menulis arab pada word

Silakan klik Add a language (poin 03 pada gambar di bawah) untuk menambahkan bahasa baru. Pada kolom pencarian, ketikan kata "united arab" kemudian klik pada hasil pencarian yang tersedia, yaitu Arabic (United Arab Emirates) seperti poin 04 dalam gambar di bawah.

menulis arab pada windows 10

Apabila telah sukes terpasang maka pada daftar bahasa akan bertambah bahasa baru yaitu bahasa arab (poin 05a pada gambar di bawah). Begitupun dengan metode masukan bahasa yang terdapat pada taskbar akan bertambah yaitu bahasa arab (poin 05b pada gambar di bawah), untuk merubah masukan bahasa secara cepat Anda dapat menggunakan shortcut tombol Windows + Spasi.

cara menulis arab pada word 2016

Sekarang Anda sudah dapat memilih masukan bahasa arab dan secara otomatis format pengetikan pada keyboard akan berubah menjadi bahasa arab. Karena pada umumnya tombol-tombol dalam keyboard bertuliskan huruf abjad maka untuk mempermudah pengetikan Anda dapat mengaktifkan On-Screen Keyboard yang secara otomatis akan menjadi abjad arab apabila metode masukan bahasa yang aktif adalah bahasa arab. On-Screen Keyboard dapat ditemukan di Start > Windows Ease of Access > On-Screen Keyboard

Untuk mengetik huruf arab pada Microsoft Word sebaiknya menggunakan jenis huruf (font) Arabic Typesetting dengan perataan huruf dari sebelah kanan (Ctrl + R).


Bagaimana cara menambahkan harakat pada saat pengetikan?

Untuk menambahkan harakat Anda dapat memanfaatkan shortcut pada keyboard, berikut daftar shortcut yang berfungsi untuk menambahkan harakat pada saat pengetikan huruf arab.

  1. Shift + Q = Fathah
  2. Shift + E = Dammah
  3. Shift + A = Kasrah
  4. Shift + X = Sukun
  5. Shift + W = Fathah Tanwin
  6. Shift + R = Dammah Tanwin
  7. Shift + S = Kasrah Tanwin
  8. Shift + ~ = Tasdid

Penggunaan shortcut di atas adalah setelah huruf di ketik, jadi posisi kursor harus berada sesudah huruf yang hendak diberi harakat. Sebagai contoh, Anda hendak mengetik kata Alhamdullilah lengkap dengan harakatnya. Sebelumnya, pastikan metode masukan yang aktif adalah bahasa arab. Kemudian, silakan ketik huruf berwarna hijau dibawah pada keyboard komputer dengan abjad biasa diikuti shortcut untuk membubuhkan harakat pada huruf yang bersangkutan.

h Shift + Q > g Shift + Q > p Shift + Q > l Shift + X > ] Shift + E > g Shift + A > g Shift + ` > i

Untuk menambahkan harakat lainnya yang tidak terdapat pada shortcut keyboard seperti fathah, dammah dan kasrah tegak Anda dapat mencarinya dalam daftar simbol yang telah disediakan oleh Microsoft Word. Yaitu dengan cara klik pada ribbon Insert > Symbol > More Symbols... dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.

menulis arab dengan harakat pada word

Seperti gambar di atas, akan keluar jendela baru dengan daftar simbol yang dapat digunakan. Berikut beberapa kode karakter (poin 09 pada gambar di atas) dari harakat yang tidak terdapat dalam daftar shortcut. Selain kode dibawah tentunya masih terdapat beberapa kode lain yang tersedia dalam daftar simbol dan dapat Anda gunakan.

  1. Kode 0670 = Fathah tegak
  2. Kode 0656 = Kasrah tegak
  3. Kode 0657 = Dammah tegak

Untuk menghindari kesalahan pastikan jenis huruf yang digunakan dalam pengetikan sama dengan jenis huruf yang digunakan dalam pencarian simbol pada jendela Symbol, atau dapat dilihat pada gambar dibawah.

menulis arab mudah pada pc

Meskipun terkesan "ribet" tetapi apabila sudah mengingat letak huruf arab pada keyboard dan shortcut harakat yang hendak digunakan pengetikan huruf arab pada Microsoft Word akan menjadi lebih cepat dan mudah.

Tulisan Terkait

Cara menulis Arab beserta Harakatnya pada Komputer

Disclaimer | Privasi