Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

CV atau Curriculum Vitae adalah lembaran dimana berisi informasi mengenai data pelamar kerja baik itu biodata, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan dan pengalaman lainnya yang diperlukan. Menulis CV atau Daftar Riwayat Hidup tentunya tidak boleh semabarangan, terdapat beberapa aturan saat menulis CV agar lamaran kerja yang diajukan bisa menarik perusaahan atau instansi yang hendak dilamar.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menulis daftar riwayat hidup, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  2. Singkat dan padat, sangat disarankan tidak lebih dari 4 lembar. Idealnya cukup dengan satu lembar saja.
  3. Tulis hanya pengalaman-pengalaman yang penting.
  4. Jangan lupa untuk memasukan informasi mengenai riwayat pendidikan (formal dan non formal), riwayat pengalaman kerja, riwayat organisasi dan prestasi yang telah diperoleh.
  5. Ditulis dengan jujur dan apa adanya, memalsukan isi daftar riwayat hidup akan menjadikan Anda tidak dipercayai lagi oleh pihak perusahaan atau instansi yang hendak dilamar.

Sebagai rujukan untuk menulis daftar riwayat hidup berikut terdapat contoh daftar riwayat hidup yang bisa di download, dengan format Microsoft Office Word (.docx) dan bisa di edit kembali. Download Contoh Daftar Riwayat Hidup.

Selain CV bahasa Indonesia, untuk melamar pekerjaan di perusahaan internasional biasanya pelamar akan diminta persyaratan lamaran pekerjaan yang menggunakan bahasa Inggris, sebagai bahan referensi berikut terdapat contoh CV bahasa Inggris terbaru. Download Daftar Riwayat Hidup B. Inggris.

Tulisan Terkait

Cara Membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

Disclaimer | Privasi