Kumpulan Fungsi Excel Terbaru 2016

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang biasa digunakan untuk melakukan perhitungan data. Pada aplikasi ini terdapat beberapa fungsi yang sering digunakan untuk membantu pengguna mempermudah perhitungan data. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya adalah fungsi SUM, AVERAGE, MAX, MIN dan masih banyak lagi rumus lainnya yang sering digunakan. Fungsi ini dapat bekerja di aplikasi Microsoft Excel 2007, Excel 2010, Excel 2013 atau Excel 2016.

Dengan adanya fungsi atau formula Excel pengguna akan dipermudah dalam melakukan penjumlahan data yang banyak, mencari rata-rata dari data yang banyak, mencari nilai tertinggi atau terendah dan pastinya masih banyak fungsi lainnya yang dapat digunakan. Sedangkan untuk melakukan perhitungan biasa seperti pertambahan, perkalian, pembagian bisa dilakukan dengan mudah. Yaitu dengan cara seperti dibawah ini.

=angka1+angka2

Keterangan:

  • angka1 berarti angka pertama yang kemudian akan dijumlahkan dengan angka2,
  • Tanda "+" merupakan simbol dari pertambahan. Untuk perkalian pengguna bisa menggunakan simbol "*", pembagian menggunakan simbol "/" dan pengurangan menggunakan simbol "-" (tanpa tanda kutip).


01. Fungsi SUM pada Excel

fungsi sum pada excel

SUM berfungsi untuk menambahkan semua angka dari range tertentu. Sebagai contoh SUM(A1:G1) artinya aplikasi akan menambahkan seluruh angka yang terdapat di sel A1 sampai sel G1. Contoh lainnya adalah SUM(A1,G3,U6) yang artinya menambahkan angka di sel A1, G3 dan U6. Cara penggunaannya adalah:

=SUM(angka1, angka2, dst)

Keterangan:

  • angka1 berarti angka pertama yang akan ditambahkan,
  • angka2 berarti angka kedua dan seterusnya yang akan ditambahkan.


02. Fungsi AVERAGE pada Excel

fungsi average pada excel

AVERAGE berfungsi untuk mencari nilai rata-rata dari range tertentu. Sebagai contoh AVERAGE(A1:G1) artinya aplikasi akan mencari nilai rata-rata dari sel A1 sampai sel G1. Contoh lainnya adalah AVERAGE(A1,G3,U6) yang akan mencari nilai rata-rata dari sel A1, G3 dan U6. Cara penggunaannya adalah:

=AVERAGE(angka1, angka2, dst)

Keterangan:

  • angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.


03. Fungsi MAX pada Excel

fungsi max pada excel

MAX berfungsi untuk mencari nilai (angka) tertinggi dari range tertentu. Sebagai contoh MAX(A1:G1) artinya aplikasi akan mencari angka tertinggi dari deretan angka di sel A1 sampai sel G1. Cara penggunaannya adalah:

=MAX(angka1, angka2, dst)

Keterangan:

  • angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.


04. Fungsi MIN pada Excel

fungsi min pada excel

MIN berfungsi tak jauh berbeda dengan fungsi MAX. Bedanya, yang dicari adalah nilai terrendah dari range tertentu. Contoh MIN(A1:G1), artinya aplikasi akan mencari angka terkecil dari deretan angka di sel A1 sampai sel G1. Cara penggunaanya adalah sebagai berikut:

=MIN(angka1, angka2, dst)

Keterangan:

  • angka1, angka2, dst berarti kumpulan angka yang akan dicari nilai rata-ratanya.


05. Fungsi COUNT, COUNTA dan COUNTBLANK pada Excel

  • COUNT berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang memiliki data dengan nilai numerik dari range tertentu.
  • COUNTA berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang memiliki data dari range tertentu.
  • COUNTBLANK berfungsi untuk menghitung jumlah sel kosong (tak terisi data) dari range tertentu. 


06. Fungsi IF & IF bercabang pada Excel

Fungsi IF digunakan untuk mengambil suatu kondisi tertentu kemudian menentukan nilai benar atau salah, sedangkan untuk kasus dengan beberapa kondisi biasa digunakan IF bercabang.


07. Fungsi SUMPRODUCT pada Excel

SUMPRODUCT merupakan salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang berfungi untuk mengalikan komponen-komponen terkait dalam array yang diberikan dan mengembalikan jumlah dari setiap hasil perkalian tersebut. Tentunya masih banyak lagi rumus-rumus excel yang bisa digunakan dan akan selalu di update. Tunggu terus ya update selanjutnya mengenai formula dan rumus-rumus excel.

Tulisan Terkait

Kumpulan Fungsi Excel Terbaru 2016

Disclaimer | Privasi