Tip setelah Install Ms. Word pada PC agar lebih Optimal

Di Indonesia aplikasi pengolah kata besutan Microsoft Corporation yaitu Microsoft Office seakan sudah menjadi aplikasi wajib yang terpasang pada setiap perangkat komputer. Selain Ms. Office sebenarnya masih banyak aplikasi-aplikasi pengolah kata lainnya yang dapat dijadikan alternatif dan memiliki fitur yang tidak jauh berbeda dengan Ms. Office. Sebut saja WPS Office, Open Office dan Libre Office yang juga populer di kalangan pengguna sistem operasi berbasis Linux.

Mungkin karena kehadiran Ms. Office yang lebih dulu apabila dibandingkan dengan aplikasi pengolah kata lainnya menjadikan aplikasi ini tetap eksis dan menjadi favorit. Dan tidak dipungkiri hadirnya aplikasi pengolah kata seperti Ms. Office sangat banyak membantu mempercepat kerja kita, baik itu ketika hendak membuat makalah, proposal, skripsi dan surat menyurat untuk kepentingan sehari-hari.

Ketika komputer di rumah rusak dan terpaksa harus mengerjakan tugas di warnet atau rental komputer, hal yang paling menjengkelkan adalah ketia konfigurasi Ms. Word di warnet ternyata tidak sama dengan konfigurasi Ms. Word yang ada di rumah. Tidak ada ruler, satuan panjang yang digunakan inci dan tidak ada text boundariesnya. Wajar, karena banyak tangan yang menggunakan komputer di warnet atau rental, tetapi bagaimana cara mengatur ulang konfigurasi pada Ms. Word agar kembali nyaman di gunakan?

Seperti halnya Microsoft Word yang baru terinstall pada perangkat komputer, beberapa konfigurasi berikut akan membantu mempercepat kinerja kita saat mengolah dokumen yang sedang di ketik.


Mengubah satuan ukuran pada Ms. Word

Mengubah satuan ukuran pada Ms. Word

Pada beberapa perangkat komputer terkadang satuan ukuran yang digunakan dalam aplikasi Word adalah inci dan bukan centimeter. Sedangkan dalam membuat makalah atau skripsi satuan yang bisa digunakan dalam mengatur margin kertas adalah centimeter. Sebagai contoh, biasanya aturan yang diterapkan dalam membuat makalah adalah: margin atas 3cm, margin kanan 3cm, margin bawah 3cm dan margin kiri 4cm. Untuk mengubah satuan inci ke centimeter dalam Ms. Word caranya dengan mengklik pada ribbon File > Options. Pada jendela Word Options, klik pada menu Advanced, di bagian kanan scroll kebawah dan temukan opsi Show measurements in units of kemudian ubah ke Centimeters. Terkahir klik Ok untuk menyimpannya.


Mengaktifkan Text Boundaries

Mengaktifkan Text Boundaries

Text boundaries adalah garis pembatas yang memisahkan area pengetikan dengan pinggir kertas (dokumen). Fitur ini akan sangat membantu ketika kita mengetik dokumen yang cukup panjang. Dengan adanya text boundaries kita akan lebih "dipermudah" dalam melakukan penomoran dan perataan text, mengatur jarak garis menjorok, dll. Untuk mengaktifkan text boundaries dapat Anda baca pada tulisan saya sebelumnya: cara mengaktifkan text boundaries.


Mengaktifkan ruler

Mengaktifkan ruler

Ruler atau penggaris akan sangat membantu dalam mengatur jarak tab (indent), jarak garis menjorok dan perataan text lainnya. Untuk mengaktifkannya klik pada ribbon Layout kemudian centang pada opsi Show Ruler.


Mengatur bentuk huruf (font) dan ukurannya

Mengatur bentuk huruf (font) dan ukurannya

Bagi saya pribadi, karena sehari-hari lebih sering menggunakan jenis huruf Times New Roman dengan ukuran 12pt. Saya sengaja menjadikan kedua konfigurasi tersebut sebagai konfigurasi default. Caranya klik pada ribbon Home kemudian klik panah kecil di pojok bawah dalam grup pengaturan Font atau menggunakan shortcut Ctrl + D. Pada jendela pengaturan Font silakan ubah Font dan Size sesuai kebutuhan Anda sehari-hari. Klik Set As Default > All documents based on the Normal template? dan klik Ok untuk menyimpannya.

Meskipun sebagian orang mengabaikan dan lebih memilih tidak mengaktifkan text boundaries juga membiarkan konfigurasi satuan dalam inci. Tetapi, itulah beberapa konfigurasi awal yang sering saya lakukan agar mengoptimalkan kinerja saat melakukan pengetikan dan pengeditan dokumen. Semoga dapat bermanfaat.

Tulisan Terkait

Tip setelah Install Ms. Word pada PC agar lebih Optimal

Disclaimer | Privasi