Tip Setelah Install Ulang dengan Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi Microsoft paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Sudahkah PC Anda di upgrade ke Windows 10? Terdapat banyak sekali fitur baru yang ditawarkan pada Windows 10 ini, salah satunya adalah adanya Windows Store yang memungkinkan pengguna untuk mendownload konten digital (Music, Film, Software dan Game) secara mudah baik itu yang gratis atau yang berbayar sekalipun.

Meskipun letak start menu masih berada di pojok kiri bawah tetapi setelah kita mengkliknya akan keluar menu yang berbeda apabila dibandingan dengan Windows 8 atau Windows 7. Berikut terdapat beberapa tip mengenai hal yang sebaiknya dilakukan setelah menginstall PC atau laptop menggunakan Windows 10. Hal pertama yang sebaiknya dilakukan adalah terhubung dengan internet.


Jalankan Windows Update

Jalankan Windows Update

Setelah terhubung dengan dengan internet sebaiknya melakukan pembaruan (update) pada perangkat Windows 10 Anda. Hal ini sangat disarankan karena update pertama ini akan membantu Windows mencari dan mamsang driver yang dibutuhkan Windows 10 agar dapat bekerja dengan baik pada PC/laptop. Sebaiknya Anda menggunakan kuota unlimited agar tidak "kebobolan" karena biasanya ukuran file yang akan di download cukup besar. Proses update pun akan memakan waktu yang relatif lama, jadi bersabarlah. Untuk melakukan update silakan klik Start > Settings (icon gear) > Update & security kemudian klik Check for updates.


Melakukan Personalisasi tampilan Windows 10

Melakukan Personalisasi tampilan Windows 10

Untuk melakukan personalisasi pada tampilan Windows 10 caranya cukup mudah, klik kanan pada desktop kemudian pilih Personalise. Pada jendela pengaturan personalisasi ada banyak hal yang dapat Anda lakukan, seperti merubah background pada desktop, merubah aksen warna Windows sesuai keinginan, merubah background pada lock screen dan masih banyak lagi.


Daftar Akun Microsoft

Daftar Akun Microsoft

Salah satu fitur Windows 10 lainnya adalah login dan tersinkronisasi dengan akun Microsoft. Jadi, apabila sebelumnya kita menggunakan akun lokal untuk login, maka akan diubah menjadi akun Microsoft yang akan menggantikan akun lokal saat login ke Windows 10. Meskipun telah menggunakan akun Microsoft, Anda tidak harus terhubung dengan internet ketika hendak login ke PC/laptop karena pengaturan telah tersimpan pada perangkat, koneksi internet hanya diperlukan pada saat melakukan konfigurasi akun Microsoft. 

Kelebihan menggunakan akun Microsoft kita dapat mengakses Windows Store dan mengunduh konten digital yang tersedia. Untuk menggunakan akun Microsoft pada Windows 10 caranya klik Start > Settings (icon gear) > Accounts > Sign in with a Microsoft account instead. Pada jendela yang keluar silakan login apabila sebelumnya telah memiliki akun Microsoft atau klik pada Create one apabila belum memilikinya. Untuk mempermudah, sebaiknya Anda menggunakan PIN untuk login ke Windows.


Mengatur PIN Login

Mengatur PIN Login Pada Windows 10

Mengingat Microsoft sangat menyarankan menggunakan password yang kuat dengan kombinasi angka, huruf dan simbol jadi akan sangat ribet apabila password yang digunakan adalah password akun Microsoft yang bersangkutan. Terlebih apabila perangkat komputer Anda juga digunakan oleh anggota keluarga lain. Salah satu solusinya adalah menggunakan PIN, dengan menggunakan PIN Anda dapat masuk ke Windows cukup dengan kombinasi angka yang pendek dan mudah di ingat tanpa harus memasukan password Microsoft yang panjang. Caranya adalah klik Start > Settings (icon gear) > Accounts > Sign-in options kemudian silakan atur kode PIN yang akan digunakan.


Menonaktifkan Update Otomatis

Dulu, salah satu alasan saya enggan melakukan upgrade ke Windows 10 adalah tidak adanya pengaturan untuk menonaktifkan update otomatis. Dikarenakan koneksi internet yang saya miliki sangat terbatas dan selalu "kecolongan" dengan adanya update otomatis ini jadi dulu saya lebih memilih Windows 7. Berbeda dengan Windows 7 yang mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan update secara penuh, di Windows 10 pengaturan ini sudah tidak tersedia. Yang artinya update akan selalu di download dan di pasang secara otomatis.

Meskipun sebenarnya pembaruan (update) otomatis yang tersedia sangat direkomendasikan untuk di download dan diinstall pada Windows 10. Tetapi bagi pengguna dengan koneksi terbatas solusi terbaik adalah dengan menonaktifkan update otomatis tersebut. Caranya ternyata cukup mudah, yaitu dengan meonanktifkan servis yang menjalankan perintah auto update pada Windows. Silakan cari "services.msc" di pencarian Cortana atau pada kolom pencarian dengan shortcut tombol Windows + R

Menjalankan Services Manager pada Windows 10

Pada jendela Services cari servis dengan nama Windows Update, klik kanan kemudian klik Properties. Pada jendela Windows Update Properties ubah Startup type menjadi Disabled, klik Ok untuk menyimpannya. Sekarang Windows 10 Anda tidak akan melakukan update secara otomatis.

Menonaktifkan Update Otomatis

Itulah beberapa tip agar Anda dapat nyaman saat menggunakan Windows 10. Setelah melakukan tip di atas, selanjutnya Anda dapat menginstall aplikasi-aplikasi penunjang lainnya seperti Microsoft Office dan aplikasi-aplikasi dari Windows Store seperti Line Messenger, Facebook dan Twitter. Bagi Anda pecinta game di Windows Store juga banyak tersedia game-game keren yang wajib untuk dicoba.

Tulisan Terkait

Tip Setelah Install Ulang dengan Windows 10

Disclaimer | Privasi