Cara membuat Pas Foto menggunakan Photoshop

By — Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.
–advertisement–

Pas foto adalah foto kecil yang merupakan identitas diri yang memuat foto mulai dari kepala sampai dada, di Indonesia pas foto memiliki tiga ukuran standar diantaranya adalah 2×3, 3×4 dan 4×6. Juga populer dengan dua latar berbeda yaitu biru dan merah. Biasanya pas foto berwarna biru dan merah digunakan untuk Kartu Tanda Penduduk (KTP). Dimana pas foto latar biru menandakan pemilik KTP dengan tahun kelahiran genap dan pas foto latar merah menandakan pemilik KTP dengan tahun kelahiran ganjil.

Penggunaan Pas foto di Indonesia

  1. Pas foto 2×3 memiliki ukuran 20 x 28mm dan biasa digunakan pada Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Izin Mengemdui (SIM) dan Buku Nikah;
  2. Pas foto 3×4 memiliki ukuran 28 x 38mm merupakan ukuran yang paling sering digunakan dalam berbagai keperluan sehari-hari seperti penggunaan untuk Daftar Riwayat Hidup, Foto pada Ijazah dan Sertifikat;
  3. Pas foto 4×6 memiliki ukuran 38 x 58mm dan biasa digunakan pada saat membuat Surat Kelakuan Catatan Kepolisian (SKCK).

Cara membuat pas foto pada Photoshop bukanlah hal yang sulit, terdapat banyak cara untuk memanipulasi foto menggunakan aplikasi yang satu ini. Salah satunya yaitu dengan metode yang akan kita gunakan pada pembahasan kali ini. Selain merubah background, juga akan menggunakan beberapa tools lain seperti memotong foto dan menghaluskan hasil editan agar terlihat lebih realistis.

Anggap saja kita telah memiliki satu buah foto yang siap untuk di edit dan dijadikan pas foto. Untuk latihan Anda dapat menggunakan foto Mbak Meyda Sefira, silakan unduh disini. Pertama, silakan buka aplikasi Photoshop pada komputer Anda. Pada tulisan ini saya menggunakan aplikasi Adobe Photoshop 2015 yang berjalan pada sistem operasi Windows 10. Buka foto dengan cara klik menu File > Open…

Cara Crop foto menggunakan Photoshop

Sebagai contoh, kita akan membuat pas foto 3×4 dengan ukuran 28 x 38mm. Pada Tool Box silakan pilih ikon Crop Tool atau dapat menekan tombol C pada keyboard sebagai shortcut untuk mengaktifkan Crop Tool. Pada Options Bar pilih W x H x Resolution atau pada versi Photoshop terdahulu pilih opsi Size & Resolution… Silakain isi Width (lebar) dengan 28mm, Height (tinggi) 38mm dan Resolution 300px/in.

–advertisement–

Cara crop foto pada Photoshop

300px/in merupakan standar kerapatan kualitas foto untuk media cetak, sedangkan untuk media digital biasanya menggunakan resolusi 72px/in. Perbedaanya, selain pada kualitas foto juga ukuran file yang dihasilkan.

Sebagai perbandingan, berikut perbedaan foto 300px/in dan 72px/in dengan ukuran yang sama yaitu 28 x 38mm.

Perbedaan 300ppi dan 72ppi

Kembali pada Crop foto, silakan atur posisi foto agar proporsional sesuai standar pas foto. Apabila telah pas, hit Enter dan foto akan terpotong sesuai kebutuhan.

Seleksi Foto sebelum menghapus Background

Sebelum merubah latar belakang foto, pertama ubah gambar menjadi layer dengan cara klik pada panel layer. Apabila panel layer tidak aktif untuk memunculkannya klik Menu Windows > Layers. Double klik pada tulisan Background. Akan muncul jendela New Layer, biarkan nama layer tetap Layer 0 dan klik Ok.

Cara merubah foto menjadi Layer pada Photoshop
Selanjutnya, pisahkan objek foto dengan background foto. Caranya adalah dengan menggunakan Tool Box > Polygonal Lasso Tools atau dapat menekan tombol L sebagai shortcutnya.

Cara seleksi foto pada Photoshop

–advertisement–

Pada tahap ini dibutuhkan sedikit kesabaran dan ketelitian agar hasil editan tetap terlihat realistis. Untuk menggunakan Polygonal Lasso Tools klik pada sudut foto kemudian geser kursor mengkuti area yang akan dipisahkan, klik untuk membuat poin pada lekukan atau area yang melengkung.

Cara seleksi foto pada Photoshop

Untuk membantu mempermudah pengeditan Anda dapat melakukan zoom in, zoom out dan menggeser objek (drag) menggunakan shortcut dibawah ini:

  1. Zoom In: Ctrl + (+);
  2. Zoom Out: Ctrl + (-);
  3. Menggeser Objek (Drag): tekan dan tahan Spasi kemudian drag menggunakan mouse;
  4. Menghapus Poin: gunakan tombol Delete.

Hasil akhirnya kurang lebih akan terlihat seperti gambar dibawah, dimana poin terakhir akan ditarik bertemu dengan poin pertama. Apabila garis yang telah dibuat menjadi garis putus-putus menandakan kita telah sukses membuat seleksi menggunakan Polygonal Lasso Tools.

Hasil seleksi foto pada Photoshop

Menjadikan foto terlihat lebih Realistis

Sebelum menghapus latar belakang sebaiknya kita memberikan sedikit sentuhan agar foto tidak terlihat “mengambang” apabila ditempelkan dengan latar belakang lain. Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara membuat pas foto pada Photoshop

Pada objek sebelah kiri background foto langsung di hapus setelah di seleksi menggunakan Polygonal Lasso Tools sehingga terlihat kasar dan kaku. Untuk objek kedua (tengah), dapat dilihat pada lekukan-lekukan objek terlihat tidak kasar seperti objek pertama. Dan untuk objek ketiga sisi objek terlihat lebih halus dan tidak terkesan menempel pada background. Metode diatas dapat diterapkan agar foto tidak terkesan kaku saat ditempel pada latar belakang yang berbeda. Untuk menambahkan efek tidak kasar pada foto caranya klik Menu Select > Smooth, isi nilai Sample Radius sesuai kebutuhan. Nilai 2 s.d 4 biasanya sudah cukup.

Menambahkan efek Smooth pada Photoshop

Untuk menambahkan efek halus caranya klik pada Menu Select > Feather, isi nilai Feather Radius sesuai kebutuhan. Nilai 1 s.d 1,5 biasanya sudah cukup.

Menambahkan efek Feather pada Photoshop

Menghapus dan merubah Background Foto

Setelah foto diberi sentuhan Smooth dan Feather selanjutnya adalah menghapus latar belakang foto yaitu dengan cara menekan tombol Delete pada keyboard. Foto akan terlihat seperti gambar dibawah, untuk menghilangkan seleksi (garis putus-putus) dapat menggunakan shortcut Ctrl + D.

Cara merubah background pada Photoshop

Terakhir, menambahkan background pada pas foto yaitu dengan cara menduplikat layar. Pada Panel Layer klik kanan Layer 0 kemudian pilih Duplicate Layer… atau dapat menggunakan shortcut Ctrl + J.

Cara duplikat layar pada Photoshop

Sekarang layer akan bertambah menjadi dua, yaitu Layer 0 copy dan Layer 0. Pada Tool Box, ubah warna Background sesuai kebutuhan misal warna biru. Ubah layer aktif menjadi Layer 0. Gunakan shortcut Ctrl + Delete untuk merubah warna latar pada Layer 0 (layer aktif) sesuai dengan warna background pada Tool Box.

Cara merubah latar foto pada Photoshop

(lihat gambar ukuran besar)

Hasil akhirnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Membuat pas foto di Photoshop

Untuk kebutuhan pengeditan (agar mudah merubah warna latar tanpa perlu mengedit ulang dari awal) simpan dokumen yang telah dibuat kedalam format Photoshop (.psd). Sebelum mencetaknya pastikan Anda menggabungkan terlebih dahulu kedua layer tersebut dengan cara klik Menu Layer > Flatten Image. Cara membuat pas foto menggunakan Photoshop diatas merupakan tutorial pemula, dimana Anda dapat mengembangkannya agar dapat menghasilkan editan yang lebih baik.

Selanjutnya Anda dapat mengatur kontras, kecerahan foto dan dapat membersihkan noda/kotoran pada foto agar menghasilkan foto yang lebih realistis. Mari berdiskusi pada kolom komentar apabila terdapat hal yang kurang di fahami atau berbagi tip lainnya seputar cara membuat pas foto menggunakan Adobe Photoshop.

Related with “

Cara membuat Pas Foto menggunakan Photoshop

Menulis Ayat Al-Qur’an pada Microsoft Word

Salah satu alternatif termudah untuk bisa menulis ayat suci Al-Qur'an pada Microsoft Word adalah dengan menggunakan Add-ins Quran in Ms…

Cara Membuat File PDF pada Microsoft Word

Untuk beberapa kebutuhan seperti pada lampiran skripsi atau pada lamaran kerja online terkadang kita diminta menyimpan berkas dokumen pekerjaan atau…

Cara Mudah Mempercatik Presentasi PPT

Ketika kita menyelesaiakan suatu proyek di kantor atau tugas sekolah, biasanya kita akan diminta untuk mempresentasikan hasil dari apa yang…

Menambahkan Password pada Microsoft Word

Terkadang untuk menjaga kerahasiaan sebuah dokumen kita memerluka akses khusus dan hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Dan untuk menangani…

2 Comments

  • Sartono berkata:

    Terima kasih Admin, kebetulan saya sedang membutuhkan untuk membuat pas photo.
    Sukses selalu

  • oepinkk berkata:

    klw mengunakan aplikasi lain semisal coreldraw graphics suite X8 bisa juga gk yh..??maklum pemula mau belajar edit foto dll…klw emang bisa tlg dong dikirim cara-carax via email aj….ok gan tq

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *