Merubah Background & Membuat Pas Foto

Pas foto merupakan salah satu syarat yang harus dibawa ketika melamar kerja atau untuk kebutuhan lainnya. Pada ijazah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), surat nikah, dll selalu disertakan pas foto, hal tersebut menjadikan pas foto sangatlah penting, pas foto sebaiknya merupakan foto terbaru atau sekurang-kurangnya foto 3 bulan terakhir. Ukuran pas foto terdiri dari 3 jenis, diantaranya adalah sebagai berikut:

–advertisement–
  1. Ukuran 2 x 3 (20 x 28mm)
  2. Ukuran 3 x 4 (28 x 38mm)
  3. Ukuran 4 x 6 (38 x 58mm)

Umumnya pas foto menggunakan dua pilihan warna latar belakang yaitu merah dan biru. Pada tulisan kali ini MahirOffice.com akan membahas mengenai cara membuat pas foto dan cara merubah latar belakang (background) foto menggunakan Adobe Photoshop versi 13 atau Adobe Photoshop CS6.

Buka foto menggunakan Adobe Photoshop

Pertama silakan buka foto yang akan dijadikan pas foto menggunakan Adobe Photoshop dengan cara klik File › Open… dan silakan arahkan ke lokasi foto yang dikehendaki.

Crop foto sesuai kebutuhan

Selanjutnya crop atau potong foto sesuai ukuran foto yang dikehendaki menggunakan Crop Tool (shortcut C) (poin 01 pada gambar di bawah). Pada menu Crop silakan pilih Size & Resolution… (poin 02 pada gambar di bawah).

Cara crop foto pada Photoshop

–advertisement–

Silakan isi dengan ukuran foto yang dikehendaki (poin 03 pada gambar di bawah). Untuk menghasilkan hasil cetakan yang optimal gunakan resolusi 300 pixel/inci. Dan untuk mendapatkan hasil yang proporsional silakan geser-geser area crop, terahir tekan enter untuk melakukan crop foto.

Cara crop foto pada Photoshop

Merubah latar belakang (background) foto

Setelah foto berhasil di crop sesuai ukuran yang dibutuhkan sekarang saatnya kita merubah latar belakang foto, caranya adalah sebagai berikut. Ubah layer Background menjadi Layer 0 pada jendela Layer di sebelah kanan lembar kerja Anda (poin 04 pada gambar di bawah) dengan cara doble klik pada layer Background, kemudian klik Ok.

Merubah background foto Photoshop

–advertisement–

Setelah berubah menjadi Layer 0, gunakan Polygonal Lasso Tool (shortcut L) untuk menyeleksi foto. Seleksi foto sesuai dengan area yang akan dipisahkan antara background dan fotonya (poin 05 pada gambar di bawah), caranya klik dan klik sesuai lekuk foto mulai dari titik awal hingga kembali ke titik tersebut secara perlahan dan hati-hati. Apabila gambar telah terseleksi dengan benar maka akan ada garis putus-putus mengelilingi area yang akan dijadikan latar belakang (poin 06 pada gambar di bawah).

Merubah background foto Photoshop

Agar hasil seleksi terlihat lebih rapih dan halus klik pada menu Select › Modify › Smooth… isi dengan angka 1 kemudian klik Ok. Selanjutnya, klik pada menu Select › Modify › Feather… isi dengan angka 1 kemudian tekan tombol Delete pada keyboard untuk menghapus bagian foto yang akan dijadikan background. Gunakan shortcut Ctrl + D untuk menghilangkan garis putus-putus yang masih aktif.

Menambahkan warna pada latar belakang

Tekan Ctrl + J untuk menduplikat Layer 0 tersebut sehingga akan muncul layer baru dengan nama Layer 0 copy (poin 07 pada gambar di bawah). Klik pada Layer 0 agar layer tersebut menjadi aktif. Selanjutnya rubah Background color (poin 08 pada gambar di bawah) pada tool box menjadi warna yang akan dijadikan latar belakang misalnya warna merah.

–advertisement–

Merubah background foto Photoshop

Apabila background color sudah berwarna merah dan layer aktif adalah Layer 0 gunakan shortcut Ctrl + Backspace agar Layer 0 tersebut berubah menjadi warna merah dan pas foto pun sudah selesai. Agar Layer 0 dan Layer 0 copy menjadi satu, silakan klik Layer › Flatten Image. Hasilnya akhirnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini.

Merubah Background & Membuat Pas Foto

Bagaimana? Cukup mudah kan? Apabila masih ada yang tidak dimengerti bisa dibahas pada kolom komentar.

–advertisement–

Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.

Related with “

Merubah Background & Membuat Pas Foto

Cara Menggabungkan Portrait & Landscape pada Word

Pada saat mengetik di Microsoft Word, secara default orientasi dokumennya adalah portrait. Tetapi terkadang dalam satu file tersebut terdapat dokumen…

Cara Mudah Crop Gambar pada Microsoft Word

Tak hanya terdapat pada aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, fungsi crop image (memotong gambar) juga bisa digunakan pada aplikasi…

Membuat Page Number Berbeda pada Word

Mungkin Anda pernah melihat posisi nomor halaman (page number) yang berbeda pada sebuah skripsi. Biasanya posisi nomor halaman pada halaman…

Cara Membuat Daftar Pustaka pada Microsoft Word

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah makalah atau skripsi. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca akan…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *