Cara Memperkecil Gambar Dan Dokumen

Dewasa ini melamar pekerjaan sudah bisa dilakukan secara online. Banyak perusahaan yang sudah menerapkan sistem lamaran kerja secara online, hal ini dilakukan karena dengan sistem online bisa lebih menghemat waktu dan tenaga karena bisa langsungsun dilakukan dirumah pelamar tanpa harus pergi ke perusahaan atau instansi yang hendak dituju.

Salah satu contoh yang saat ini sedang banyak dibicarakan adalah pedaftaran PNS online di beberapa instansi pemerintahan. Terdapat beberapa persyaratan dokumen atau file yang perlu dilampirkan (unggah) sebagai pelengkap persyaratan pendaftaran PNS online, diantaranyanya adalah ijazah dan transkip nilai yang harus dirubah kedalam dokumen dengan ukuran file maksimal 500 KB.

Pertama, dokumen yang hendak di lampirkan akan di scan terlebih dahulu untuk nantinya dirubah kedalam bentuk gambar atau dokumen. Gambar hasil scan dokumen biasanya akan memiliki ukuran yang lumayan besar dan tentunya harus di perkecil agar bisa memenuhi persyaratan yang dibutuhkan. Untuk memperkecil gambar tanpa harus merusak kualitasnya berikut caranya.


01. Memperkecil Gampar Pada Photoshop

memperkecil ukuran foto

Memperkecil ukuran gambar bisa menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, pengguna cukup memperkecil ukuran resolusi dan kerapatan resolusi gambar. Caranya klik menu Image > Image Size... atau bisa menggunakan shortcut Alt + Ctrl + I. Pada jendela Image Size, silakan ubah Width atau Height yang terdapat dalam kolom Pixel Dimensions (poin 01 pada gambar di atas) dan perkecil Resolusi gambar (poin 02 pada gambar di atas) menjadi 72 Pixels/Inci atau lebih kecil sesuaikan dengan kebutuhan. Sedangkan untuk merubah ukuran gambar, bisa menggunakan tool Crop pada Photoshop.


02. Memperkecil Ukuran File Dokumen Word atau PDF

Setelah gambar diperkecil, selanjutnya adalah memasukan gambar kedalam lembar kerja Ms. Word dan menyimpannya kedalam file berformat DOC, DOCX atau PDF. Bagaimana apabila ukuran file masih melebihi batas maskimal persyaratan yang dibutuhkan?

cara compress file word dan pdf

Pada Ms. Word terdapat fitur yang berfungsi untuk mengkompres dokumen agar bisa menghasilkan dokumen dengan ukuran file yang lebih kecil. Caranya adalah sebagai berikut, klik pada Ribbon File > Save As, pada jendela Save As silakan pilih tipe file yang hendak digunakan pada kolom Save as type (poin 03 pada gambar di atas). Kemudian klik pada opsi Tools > Compress Pictures (poin 04 pada gambar di atas) yang terletak di samping tombol Save. Pada jendela Compress Pictures, tepatnya pada pilihan Target output silakan pilih E-mail (96 ppi): minimize document size for sharing (poin 05 pada gambar di atas) agar memperoleh hasil yang lebih optimal.

memperkecil ukuran file pdf

Bagi yang akan merubahnya kedalam file berformat PDF, silakan pilih Minimum size (publishing online) (poin 06 pada gambar di atas) yang terletak dibawah kolom Save as type untuk memperoleh file PDF yang berukuran file lebih kecil.

Apabila hasil yang diperoleh masih melebihi ukuran maksimal, silakan untuk kembali memperkecil gambar sehingga diperoleh hasil yang ideal dan tentunya tetap nyaman untuk dilihat (gambar tidak terlihat pecah). Sebagai alteratif sebenarnya banyak tools online yang dapat digunakan untuk mengcompress ukuran file PDF.

Tulisan Terkait

Cara Memperkecil Gambar Dan Dokumen

Disclaimer | Privasi