Cara membuat ZIP atau RAR menggunakan Password

ZIP merupakan kompresi data paling populer, hampir semua sistem operasi dapat membuka dan membuat arsip ZIP. Pada tulisan kali ini akan dibahas mengenai cara membuat ZIP dan RAR pada komputer dengan sistem operasi Windows, pada tulisan ini menggunakan Windows 10. Selain ZIP terdapat metode kompresi data lainnya yang juga sering digunakan yaitu RAR. Manfaat mengkompresi file atau dokumen diantaranya adalah akan menjadikan file lebih ringkas karena dapat menyatukan berbagai file kedalam satu arsip dan menjadikan ukuran file lebih kecil.

–advertisement–

Simplenya, seperti saat membeli jeruk 5kg di pasar, apabila kita bawa pulang tanpa menggunakan kantong kresek pastinya akan sangat repot dan sebaliknya, akan menjadi simple untuk dibawa apabila dimasukan kedalam kantong kresek. Begitupun dengan fungsi kompresi data pada perangkat komputer.

Cara membuat ZIP pada Windows 10

Untuk mengkompres file atau folder kedalam arsip .zip dapat dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Caranya cukup dengan klik kanan pada file atau folder yang akan di kompres kemudian pilih Send to > Compressed (zipped) folder. Begitupun saat membuka file .zip, cukup double-klik dan akan langsung terbuka pada File Explorer. Sedangkan untuk fitur yang lebih lengkap, seperti menambahkan password pada arsip dan menyimpan arsip kedalam format lain seperti .rar dapat menggunakan aplikasi WinRAR.

Aplikasi WinRAR dapat didownload dan digunakan secara gratis dan tersedia untuk perangkat Linux, Windows, macOS juga untuk perangkat mobile seperti Android. Pertama silakan download aplikasi WinRAR pada tautan berikut: http://www.rarlab.com/download.htm kemudian install sesuai instruksi yang diberikan.

Cara membuat ZIP atau RAR menggunakan WinRAR

Untuk membuat arsip berisi sekumpulan file, silakan gabungkan file-file tersebut dalam sebuah folder. Selanjutnya, klik kanan pada file atau folder tersebut pilih Add to archive… akan keluar jendela Archive name and parameters, seperti pada gambar di bawah.

Membuat ZIP dan RAR menggunakan WinRAR

Anda dapat memilih ekstensi yang akan digunakan apakah .rar atau .zip. Sedikit informasi, perbedaan utama ZIP dan RAR terletak pada level kompresi. Arsip dengan ekstensi .rar mampu menghasilkan kompresi dengan ukuran file yang lebih kecil. Silakan Anda dapat memilih ekstensi sesuai kebutuhan, kemudian klik tombol Ok untuk membuat arsip.

Cara menambahkan password pada arsip (RAR atau ZIP)

Cara menambahkan password pada arsip WinRAR

–advertisement–

Sebagai tambahan, apabila Anda hendak menambahkan password caranya cukup klik tombol Set password… seperti pada gambar dibawah. Kemudian silakan isi kolom password sesuai kata sandi yang akan digunakan. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukan kata sandi setiap kali membuka arsip bersangkutan, jadi selalu ingat-ingat kata sandi yang telah dibuat.

Cara membuka arsip menggunakan WinRAR

Cara ekstrak ZIP dan RAR menggunakan WinRAR

Untuk membuka arsip menggunakan WinRAR caranya cukup mudah. Klik kanan pada arsip yang hendak di buka atau di ekstrak. Kemudian pilih Open with WinRAR untuk membukanya menggunakan aplikasi WinRAR (tanpa di ekstrak). Atau pilih Extract files… untuk mengekstrak arsip pada lokasi yang Anda kehendaki. Atau pilih Extract Here untuk mengekstraknya di lokasi tempat arsip tersebut berada. Atau pilih Extract to nama-file-arsip\ untuk mengekstaknya kedalam sebuah folder di lokasi tempat arsip tersebut berada.

Cara ekstrak ZIP pada Windows 10

Sedangkan untuk membuka arsip dengan ekstensi .zip dapat menggunakan File Explorer tanpa bantuan aplikasi tambahan. Caranya cukup klik kanan arsip tersebut, pilih Open untuk membukanya menggunakan File Explorer. Atau pilih Extract All… untuk mengekstraknya di lokasi yang dikehendaki.

Sebenarnya, selain .zip dan .rar masih banyak format arsip lainnya yang dapat digunakan. Meskipun sama-sama berfungsi sebagai kompresi data, pastinya setiap ekstensi arsip memiliki fitur yang berbeda. Untuk dokumen berukuran kecil, seperti mengirimkan dokumen-dokumen lamaran kerja via email dapat menggunakan ekstensi .zip. Untuk mengarsipkan file berukuran besar, dapat menggunakan ekstensi .rar karena akan menghasilkan arsip dengan ukuran kompresi yang lebih kecil.

Dan untuk aplikasi atau game, biasanya dikompres kedalam arsip dengan format .iso. Pada Windows 10 untuk membuka arsip .iso dapat dilakukan secara langsung tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga. Sendangkan untuk Windows 7 atau yang terdahulu diperlukan aplikasi tambahan seperti PowerISO atau MagicISO.

–advertisement–

Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.

Related with “

Cara membuat ZIP atau RAR menggunakan Password

Cara membuat Pas Foto menggunakan Photoshop

Pas foto adalah foto kecil yang merupakan identitas diri yang memuat foto mulai dari kepala sampai dada, di Indonesia pas…

Memperbaiki Keyboard error Huruf menjadi Angka pada Laptop

Memperbaiki Keyboard error Huruf menjadi Angka - Pada laptop ada banyak sekali penyebab keyboard menjadi error, salah satunya adalah disebabkan…

Cara Mudah Crop Gambar pada Microsoft Word

Tak hanya terdapat pada aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, fungsi crop image (memotong gambar) juga bisa digunakan pada aplikasi…

Cara Membuat File PDF pada Microsoft Word

Untuk beberapa kebutuhan seperti pada lampiran skripsi atau pada lamaran kerja online terkadang kita diminta menyimpan berkas dokumen pekerjaan atau…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *