Cara menggunakan Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile – BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau biasa disingkat BPJS Kesehatan diresmikan pada akhir Desember 2013.

Sistem yang digunakan BPJS Kesehatan menganut prinsip gotong royong. Dimana, setiap iuran yang telah kita bayar akan digunakan untuk menutup biaya pengobatan peserta lain yang membutuhkan. Begitupun seandainya kita sakit, maka untuk biaya pengobatan akan dibantu oleh peserta lainnya lewat iuran yang telah dibayarkan.

Iuran bulanan peserta BPJS Kesehatan

  • Rp. 25.500,- bagi peserta BPJS kelas III dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas III;
  • Rp. 51.000,- bagi peserta BPJS kelas II dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas II;
  • Rp. 80.000,- bagi peserta BPJS kelas I dengan manfaat pelayanan di ruang perawatan kelas I;

Untuk informasi terbaru seputar iuran yang harus dibayar peserta BPJS dapat diakses pada tautan berikut: bpjs-kesehatan.go.id. Adapun bagi Anda yang ingin mengetahui prosedur untuk mengetahui jumlah tagihan yang belum dibayar dapat membaca tulisan saya sebelumnya mengenai cara cek tagihan BPJS via SMS.

Pada tulisan kali ini saya akan membahas mengenai cara menggunakan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, mulai dari mendaftar dan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di dalamnya. Bagi masyarakat yang belum terdaftar BPJS Kesehatan sebenarnya dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pendaftaran BPJS online. Namun, karena terdapat hal-hal yang terkadang “masih membuat bingung”, seperti pemilihan faskes, kelas yang tepat dan sebaiknya dipilih, alur pengobatan menggunakan BPJS, cara membayar iuran bulanan, dll. Saya lebih menyarankan untuk melakukan pendaftaran secara langsung ke Kantor BPJS terdekat.

Advertisement

Prosedur penggunaan aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

  • Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, pastikan Anda telah terdaftar dan telah memiliki Nomor Kartu BPJS, untuk mendapatkan nomor bisa mendaftar di Kantor BPJS Kesehatan terdekat atau secara online di website resmi BPJS Kesehatan atau melalu aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini;
  • Setelah Anda memiliki Nomor Kartu BPJS, Anda harus mendaftar kembali melalui aplikasi BPJS Kesehatan Mobile ini dengan mendaftarkan Nomor Kartu BPJS, alamat email dan informasi lain yang dibutuhkan.

Sebelumnya silakan unduh aplikasi BPJS Kesehatan Mobile pada tautan berikut: Download App. Aplikasi tersebut dapat berjalan pada Android versi 4.0 atau yang lebih baru. Hingga saat ini, aplikasi telah diunduh lebih dari 500ribu kali. Pastikan Anda telah terdaftar dan telah memiliki Nomor Kartu BPJS dan memiliki alamat email yang aktif untuk pendaftaran aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Pertama, silakan buka aplikasi yang telah Anda unduh kemudian tap pada tombol Register (Pendaftaran).

Aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

Selanjutnya Anda akan ditanya: Apakah Anda sudah mempunyai Nomor Kartu BPJS (JKN – KIS)? Seperti pada penjelasan di atas saya akan berfokus pada peserta yang telah memiliki Nomor Kartu BPJS. Namun bagi Anda yang ingin mencoba mendaftar BPJS melalui aplikasi ini tidak ada salahnya untuk dicoba. Bagi peserta yang telah memiliki nomor silakan tap pada opsi SUDAH.

Cara daftar aplikasi BPJS Mobile

Anda akan diminta mengisi beberapa formulir seperti mengisikan Nomor Kartu BPJS, nomor KTP, alamat email, nomor ponsel, dll. Silakan isi sesuai kartu identitas yang Anda gunakan. Pastikan Anda menggunakan alamat email yang aktif, karena aplikasi akan melakukan verifikasi pendaftaran dengan mengirim kode unik ke alamat email yang digunakan. Setelah semua informasi yang dibutuhkan diisi dengan benar, silakan tap pada tombol Register. Apabila berhasil, akan keluar notifikasi seperti gambar dibawah. Klik Ok maka Anda akan diarahkan pada laman verifikasi.

Verifikasi pendaftaran BPJS Kesehatan

Verfiikasi email pendaftaran BPJS Kesehatan

Silakan buka kotak masuk email yang digunakan dan periksa pesan yang dikirim oleh BPJS Kesehatan. Email verifikasi yang dikirim oleh BPJS kurang lebih akan serupa dengan gambar dibawah, namun dengan kode unik yang berbeda.

Verifikasi pendaftaran BPJS Kesehatan

Salin kode yang dikirim oleh BPJS Kesehatan, pada gambar di atas kodenya adalah 24758. Kemudian tempel pada kolom Kode Verifikasi di aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Verifikasi pendaftaran BPJS Kesehatan

Silakan isi kembali kolom No Kartu BPJS apabila masih kosong, kemudian tap pada tombol Verif. Setelah sukses, Anda akan dikembalikan ke laman login dan dapat masuk ke aplikasi menggunakan alamat email atau Nomor Kartu BPJS dan kata sandi yang telah dibuat.

Fitur aplikasi BPJS Kesehatan Mobile

Setelah Anda sukses melakukan pendaftaran dan berhasil masuk ke aplikasi BPJS Kesehatan Mobile, berikut beberapa fitur yang ditawarkan oleh aplikasi ini.

Advertisement
  • Info BPJS: Informasi yang ditampilkan meliputi info Pendaftaran, hak dan kewajiban, fasilitas dan manfaat, sanksi, alamat kantor BPJS dan telepon;
  • Peserta: Menampilkan data peserta terdaftar BPJS dalam keluarga Anda. Informasi yang ditampilkan diantaranya adalah nama lengkap, nomor kartu BPJS, status keanggotaan, tanggal lahir, faskes dan kelas yang diambil;
  • Tagihan: Menampilkan informasi tagihan yang belum dibayar oleh peserta;
  • Lokasi: Mencari lokasi kantor BPJS berdasarkan cabang atau berdasarkan lokasi terdekat dengan bantuan teknologi GPS;
  • Catanan Pembayaran: Menampilkan informasi mengenai pembayaran premi dan/atau denda terakhir yang telah dilakukan;
  • Cek VA: VA adalah Virtual Account, atau nomor rekning yang dapat digunakan pada saat melakukan pembayaran di Bank yang telah terdaftar;
  • Skrining Riwayat Kesehatan: Merupakan fitur yang dapat digunakan untuk melakukan deteksi dini terhadap penyakit yang dapat menimbulkan biaya besar;
  • Pengaturan: Untuk melakukan beberapa konfigurasi pada aplikasi seperti hapus notifikasi, ubah kata sandi atau untuk keluar dari aplikasi BPJS Kesehatan Mobile.

Untuk menggunakan semua menu di atas caranya cukup mudah, tinggal pilih pada ikon menu yang terdapat pada laman utama aplikasi. Atau pada menu di bagian pojok kiri atas aplikasi. Sedangkan di bagian pojok kanan atas terdapat ikon lonceng untuk melihat notifikasi yang masuk.

33 Komentar

  • asep Dasuki adnan berkata:

    Bgmn cara penghapus email lama dn menjadi email yg baru utk akun bpjs

  • ANDY LAKSONO berkata:

    Kenapa muncul kartu anda belum terdaftar padahal saya udah terdaftar , hanya aja saya update di play store trus sudah mau login , mohon solusinya 🙏

  • Abiansyah berkata:

    Aplikasi jkn gk bermanfaat bangat.. kenapa???? Sy daftar sesuai data di ktp tp kata nya tgl lahir tidak sesuai aneh bukan. Jika memang tujuan nya ingin membantu masyarakat kecil ya tolong lah kwalitas pelayanan nya di perbaiki. Sy mendaftar online demi menghindari antrian & bolak balik makan waktu yg panjang sementara fasilitas kendaraan tidak punya waktu kita terbatas jadi tolong lah di pahami &mengerti.

  • Henny tintia handini berkata:

    Kenapa ya saya masuk pada aplikasi (pendaftaran pengguna mobile) keterangan nya sudah terdaftar pada sistem dan langsung di suruh login,sementara blm pernah gunain,,terus gimana ya untk tau pasword nya biar bisa login

  • Sri umi berkata:

    Saya daftar bpjs kesehatan lewat aplikasi JKN tapi setelah saya bayar sampai sekarang belum ada email idcard yg masuk…gimana ya?

    • Hanhan S. Hakiki berkata:

      Sebaiknya segera menghubungi kantor BPJS terdekat, agar segera mendapatkan tindak lanjut dari yg bersangkutan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *