Membuat Page Number Berbeda pada Word

By — Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.
–advertisement–

Mungkin Anda pernah melihat posisi nomor halaman (page number) yang berbeda pada sebuah skripsi. Biasanya posisi nomor halaman pada halaman pertama di setiap bab nya terletak di bagian bawah tengah dan untuk halaman selanjutnya terletak di bagian atas pojok kanan. Untuk membuat dokumen dengan posisi penomoran seperti contoh kasus tersebut kita tidak perlu membagi-bagi dokumen menjadi beberapa file berbeda sesuai dengan posisi nomor halamannya. Terdapat cara untuk membuat sebuah dokumen dengan posisi halaman yang berbeda.

Pertama, silakan tambahkan nomor halaman (page number) pada dokumen yang akan diubah. Sebagai contoh, tambahkan penomoran dengan format angka terlebih dahulu di bagian bawah tengah pada semua laman yang akan diubah. Selanjutnya atur lokasi untuk setiap penomoran yang berbeda. Sebagai ilustrasi dapat dilihat pada gambar di bawah.

Membuat page number berbeda pada Word

Letakan kursor pada bagian akhir halaman dimana halaman selanjutnya akan memiliki posisi nomor halaman yang berbeda. Sebagai contoh bisa dilihat pada ilustrasi gambar diatas, dimana pada halaman pertama akan ditambahkan nomor halaman yang posisinya berada di bawah tengah dan untuk halaman selanjutnya berada di pojok kanan atas halaman.

–advertisement–

Selanjutnya, klik ribbon Page Layout > Page Setup > Breaks. Pada drop down pilih Next Page. Bisa dilihat pada gambar dibawah. Selanjutnya kursor akan berpindah ke halaman selanjutnya (halaman ke dua).

Page layout pada Word

Mengatur agar posisi tetap berbeda pada laman yang telah ditentukan. Masih dalam laman ke dua, agar perubahan yang akan kita lakukan tidak berdampak pada laman sebelumnya, kita harus menghapus keterkaitan dengan laman sebelumnya terlebih dahulu.

Page number pada Word

Silakan double klik (untuk merubahnya) pada page number yang sebelumnya telah Anda buat (lihat gambar diatas poin ke 3). Akan muncul ribbon baru bernama Header & Footer Tools. Klik pada tombol Link to Previous yang di blok kuning untuk menon-aktifkan fitur tersebut.

Selanjutnya adalah mengatur posisi dan format penomoran baru. Masih di ribbon Header & Footer Tools kemudian masuk ke menu Header & Footer di sebelah pojok kiri. Silakan Anda ubah posisi letak halamanya dengan cara, Page Number > Top of Page > Plain Number 3. Sebagai contoh dapat dilihat pada gambar di bawah.

Format page number pada Word

Biarkan cursor tetap berada di pojok kanan atas sesuai dengan letak nomor halaman. Non-aktifkan kembali Link to Previous pada ribbon Header & Footer Tools seperti pada langkah sebelumnya.

–advertisement–

Meskipun sedikit diperluka ketelitian tetapi sekarang dokumen Anda telah memiliki posisi nomor halaman yang berbeda. Cara ini juga bisa digunakan untuk menyatukan beberapa jenis format nomor halaman kedalam satu buah dokumen. Seperti, menyatukan halaman kata pengantar dengan nomor halaman angka romawi dan halaman lainnya yang menggunakan nomor halaman angka biasa.

Related with “

Membuat Page Number Berbeda pada Word

Cara Mudah Crop Gambar pada Microsoft Word

Tak hanya terdapat pada aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop, fungsi crop image (memotong gambar) juga bisa digunakan pada aplikasi…

Menambahkan Password pada Microsoft Word

Terkadang untuk menjaga kerahasiaan sebuah dokumen kita memerluka akses khusus dan hanya orang-orang tertentu yang bisa mengaksesnya. Dan untuk menangani…

Membuat Daftar Isi Otomatis pada Microsoft Word

Setelah semua dokumen tersusun dengan rapih lengkap dengan page number-nya, sekarang kita tambahkan salah satu halaman yang keberadaanya cukup penting…

Cara Mudah Mempercatik Presentasi PPT

Ketika kita menyelesaiakan suatu proyek di kantor atau tugas sekolah, biasanya kita akan diminta untuk mempresentasikan hasil dari apa yang…

4 Comments

  • kangbabas berkata:

    terima kasih kang saya sudah bisa mensetting halaman skrg, ternyata begitu caranya ya.

  • Kamelia berkata:

    Makasih kak tipsnya, tapi pnyaku cuma berhasil di bab 1
    Yg lainnya nggak ??

  • adit berkata:

    terima kasih banyak bantuannya, sangat-sangat membantu 😀

  • Bang Yolan berkata:

    Lebih mudah “Different First Page” dihidupin gan. Caranya setiap mulai BAB baru kita ikutin cara di atas di “Next Page” dulu, abis itu “header & footer” centang dah “Different First Page”, otomatis halaman yg ada tulisan BAB nya bisa beda sama halaman selanjutnya. Yg ada BAB dibuat header, selanjutnya dibuat footer.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *