Cara membuat Proposal Usaha yang Baik & Benar

Salah satu kendala utama ketika kita hendak membuka usaha adalah modal. Modal usaha merupakan salah satu faktor pendukung yang bisa mendongkrak bisnis Anda untuk lebih berkembang lagi.

–advertisement–

Terkadang untuk mendapatkan modal bukanlah hal yang mudah apalagi bagi usaha-usaha kecil menengah yang sedang berkembang. Salah satu alternatif untuk mendapatkan bantuan modal usaha diantaranya berasal dari pinjaman bank atau melalui kerjasama dengan investor.

Terkadang karena kurangnya rasa percaya diri atau terkendalanya peraturan dan persyaratan dari bank membuat para pengusaha lebih memilih untuk tidak meminjam dana dari bank. Opsi lain mendapatkan modal usaha yang paling banyak diminati tentunya adalah dengan cara menjalin kerja sama dengan investor. Untuk menjalin sebuah kerja sama, para pengusaha harus mempersiapkan proposal usaha agar bisa memperoleh modal dari investasi tersebut.

Proposal merupakan faktor utama yang harus dibuat secara baik dan benar sehingga dapat menarik minat para investor untuk berinsvestasi bersama Anda. Untuk membuat proposal usaha yang baik dan benar sebenarnya tidaklah sulit, berikut akan dibahas mengenai susunan penulisan proposal usaha yang baik dan benar.

Pendahuluan

Bagian pendahuluan merupakan bagian perkenalan yang berisi tentang latar belakang usaha, visi dan misi bisnis, gambaran usaha dan kondisi pasar bisnis Anda.

–advertisement–

Profil badan usaha

  1. Jenis usaha: Silakan jelaskan jenis dan model usaha apa yang sedang Anda tekuni secara singkat, padat dan jelas.
  2. Nama perusahaan: Brand atau merk merupakan nama yang akan selalu mengingatkan konsumen pada usaha Anda. Ciptakan nama yang baik dan unik untuk usaha Anda kemudian cantumkan dalam proposal usaha.
  3. Lokasi: Pemilihan lokasi yang tepat merupakan salah satu faktor pendukung usaha. Tuliskan lokasi atau alamat lengkap usaha Anda, kemudian bisa diperjelas dengan denah atau peta untuk memudahkan pemahaman para insvestor.

Struktur organisasi perusahaan

Apabila usaha Anda sudah memiliki sistem yang terstruktur sebaiknya Anda menggambarkan struktur organisasi yang terdapat dalam perusahaan Anda. Misalkan perusahaan Anda sudah memiliki sistem manajerial keorganisasian maka tuliskan pemilik usaha, pengelola, marketing, HRD, dll.

Produk usaha

  1. Jenis produk: Sebutkan produk apa saja yang diproduksi pada perusahaan Anda.
  2. Pembuatan produk: Uraikan secara rinci tahap-tahap pembuatan produk di perusahaan yang Anda pimpin.
  3. Keunggulan produk: Silakan Anda tuliskan keunikan dan keunggulan produk Anda dibandingkan produk lainnya.

Target pasar

Jelaskan juga mengenai target pasar atas usaha Anda. Daerah, umur dan kalangan yang Anda targetkan sebaiknya ditulis secara rinci dalam proposal usaha.

Promosi dan pemasaran

Jelaskan mengenai strategi pemasaran serta metode-metode promosi yang akan digunakan untuk mengembangkan bisnis Anda.

Laporan keuangan

  1. Alokasi dana: Jelaskan mengenai alokasi dana yang dibutuhkan untuk mengembangkan usaha Anda.
  2. Perhitungan laba: Buat perhitungan laba rugi perusahaan secara realistis beserta resiko usaha Anda.
  3. Perhitungan bagi hasil: Perhitungan bagi hasil tergantung dari resiko usaha, semakin kecil resiko usaha Anda maka semakin kecil pendapatan yang diberikan kepada investor begitu pun sebaliknya. Silakan Anda tentukan dan tuliskan rincian bagi hasil sesuai dengan alokasi dana, laba dan resiko usaha.

Penutup

Pada bagian ini bisa dimanfaatkan untuk kembali meyakinkan investor akan usaha Anda dan menuliskan kata-kata terakhir berupa do’a, harapan dan rasa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada investor karena telah bersedia membaca proposal Anda.

–advertisement–

Lampiran-lampiran

Apabila diperlukan Anda bisa melampirkan beberapa dokumen pendukung seperti:

  1. Biodata pemilik usaha;
  2. Surat izin usaha;
  3. Sertifikat usaha;
  4. Surat perjanjian usaha, dll.

Proposal usaha yang Anda buat sebaiknya diketik dalam kertas ukuran A4 atau F4, dengan margin atas 3cm, kanan 3cm, bawah 3cm dan kiri 4cm dan spasi tulisan 1,5. Semoga tulisan mengenai cara membuat proposal usaha yang baik dan benar ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.

Related with “

Cara membuat Proposal Usaha yang Baik & Benar

Cara Menghapus Aplikasi dari macOS mudah tanpa App Uninstaller

Cara Menghapus Aplikasi dari macOS - Aplikasi pada macOS berbeda dengan aplikasi yang terdapat pada sistem operasi Windows. Pada macOS…

Cara cek tagihan BPJS via SMS dan Pembayarannya

Cara Cek Tagihan BPJS Terbaru - BPJS atau kependekan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial merupakan layanan kesehatan yang menggunakan sistem…

Cara membuat Daftar Riwayat Hidup (CV)

CV atau Curriculum Vitae adalah lembaran dimana berisi informasi mengenai data pelamar kerja baik itu biodata, riwayat pendidikan, riwayat pekerjaan…

Daftar harga Printer Canon terbaru Murah Berkualitas

Printer merupakan piranti yang sangat penting dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk kebutuhan perkantoran atau pada instansi-instansi…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *