Tidak hanya update status dan foto selfie, kini sesama pengguna Facebook sudah bisa melakukan transaksi jual beli secara online menggunakan fitur Facebook Marketplace. Facebook Marketplace merupakan wadah tempat para pengguna Facebook untuk menemukan, membeli dan menjual barang secara online. Bagi para penjual, salah satu keunggulannya adalah bisa menjangkau calon pembeli yang lebih luas. Produk yang kita jual tidak hanya tampil dan ditawarkan kepada teman-teman kita saja. Tetapi juga akan ditampilkan kepada calon pembeli di seluruh Indonesia, mau tau bagaiamana cara berjualan di Facebook Marketplace? Let’s go kita mulai… ๐Ÿ˜Ž

Pertama, pastikan fitur Facebook Marketplace pada akun Anda telah aktif, atau klik pada tautan berikut untuk mengakses laman utama Facebook Marketplace. Apabila fitur Marketplace tidak tersedia pada akun Anda, mungkin hal-hal berikut ini penyebabnya:

  1. Usia pada akun Anda belum 18 tahun. Pastikan tanggal lahir yang di gunakan di akun tersebut sudah berusia minimal 18 tahun;
  2. Akun Facebook baru. Pada akun baru terkadang fitur Marketplace tidak teredia. Fitur Marketplace akan tersedia atau aktif secara otomatis setelah akun Anda memenuhi syarat.
  3. Gunakan aplikasi Facebook versi terbaru. Apabila Anda mengakses Facebook menggunakan aplikasi ponsel, baik itu pengguna iPhone atau Android. Pastikan aplikasi yang terpasang sudah berada pada versi terbaru.
  4. Akun Anda dibatasi. Hal ini biasanya terjadi karena adanya aktivitas spamming pada akun Facebook Anda sehingga fitur Marketplace dinonaktifkan oleh sistem.

Barang yang tidak bisa dijual di Facebook Marketplace

Dikutip dari laman Bantuan Facebook, berikut beberapa contoh barang yang tidak bisa dijual di Facebook:

  1. Bukan barang nyata. Beberapa contoh barang yang tidak memiliki wujud fisik diantaranya adalah, memposting “mencari barang”, postingan berita kehilangan, lelucon dan berita yang tidak diperbolehkan.
  2. Menjual jasa. Misalnya, jasa mencuci piring, jasa membersihkan rumah.
  3. Gambar dan deskripsi tidak sesuai. Pastikan gambar, deskripsi dan judul tawaran telah sesuai.
  4. Jual beli binatang. Seluruh aktivitas jual beli binatang termasuk didalamnya semua jenis adopsi binatang tidak diizinkan di Marketplace.
  5. Perawatan kesehatan. Produk perawatan kesehatan seperti termometer, peralatan P3k tidak diizinkan di Marketplace.
  6. Gambar sebelum dan sesudah. Semua barang yang dijual tidak boleh menampilkan gambar sebelum dan sesudah (before-after). Misalnya pada penjualan produk kosmetik.

Cara berjualan di Facebook Marketplace

Bagi pengguna smartphone (iPhone atau Android) silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Facebook di App Store atau di Play Store. Setelah berhasil masuk, tap pada ikon Marketplace di bagian atas (pengguna Android) atau di bagian bawah (pengguna iPhone) untuk mengakses fitur Marketplace Facebook (poin 01).

Advertisement
Cara meningkatkan penjualan di Facebook Marketplace

Untuk mulai berjualan, tap pada tombol Jual (poin 02) kemudian pilih apa yang akan Anda jual. Sebagai contoh, kita akan coba menjual barang (poin 03). Silakan tap pada menu Barang kemudian akan diarahkan pada kolom pengisian informasi produk yang akan dijual. Silakan isi semua informasi yang dibutuhkan secara mendetail dan menarik.

Cara meningkatkan penjualan di Facebook Marketplace

Terdapat beberapa cara meningkatkan penjualan di Marketplace, diantaranya adalah dengan memilih gambar, judul dan deskripsi yang menarik. Untuk meningkatkan kualitas produk pada hasil pencarian kita bisa memasukan lebih banyak kata kunci pada judul dan deskripsinya. Pastikan juga mengisi deskripsi produk secara lengkap dan jelas agar semakin menarik minat pembeli. Yang tidak kalah penting, pastikan kolom lokasi diisi secara tepat. Kita ambil contoh ketika hendak menjual produk pupuk untuk tanaman sawit. Apakah akan efektif apabila lokasi yang kita pilih adalah Kota Bandung? Mari kita bahas bersama di kolom komentarโ€ฆ ๐Ÿ˜

Satu Komentar

  • Dewi Susi berkata:

    makasih kak sekarang saya faham… memilih kota yang tepat untuk produk yang tepat ternyata sangat efektif.

    untuk produk pupuk sawit yaa lebih optimal diarahkan ke kota riau ketimbang ke kota bandung ๐Ÿ˜€

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *