Di era modern ini banyak sekali layanan online berbasis aplikasi atau website yang membantu mempermudah pekerjaan di bidang pendidikan. Dan tentunya menjadikan aktivitas pendidikan lebih interaktif dan tak terbatas “jarak dan waktu” karena dapat dilakukan secara online. Untuk melakukan ujian pun kini bisa dilakukan secara online, yaitu dengan bantuan Google Formulir (Form). Cara membuat soal online menggunakan Google Formulir sangatlah mudah dan tentunya gratis. Menurut Wikipedia, Google Formulir adalah aplikasi administrasi survei yang termasuk dalam suite kantor Google Drive bersama dengan Google Dokumen, Google Sheets, dan Google Slides. Formulir menampilkan semua fitur gabungan dan berbagi yang ditemukan di Dokumen, Spreadsheet, dan Slide.

Dengan bantuan Google Form setiap jawaban siswa akan langsung dikalkulasi dan bisa langsung dilihat siapa saja yang telah mengikuti ujian dalam lembar kerja Google Sheets (Excel versi Google).

Cara membuat Soal Online di Google Formulir

Silakan buka browser pada komputer atau laptop kemudian buka alamat berikut: https://docs.google.com/forms/. Masuk menggunakan akun Google, kemudian klik tanda Plus untuk membuat formulir baru. Klik pada pengaturan di pojok kanan atas, pilih tab Kuis aktifkan opsi Jadikan ini sebagai kuis.

Cara membuat Soal Online

Untuk opsi lainnya silakan atur sesuai kebutuhan. Apabila rilis nilai akan dilakukan setelah semua siswa mengikuti ujian, aktifkan opsi Nanti, setelah peninjauan manual pada pengaturan Rilis nilai. Dan apabila siswa tidak diizinkan untuk melihat pertanyaan tak terjawab, jawaban yang benar dan/atau nilai poin setelah melakukan ujian, silakan hilangkan semua centang pada pengaturan Responden dapat melihat. Klik Simpan apabila telah selesai.

Advertisement

Sebelum memulai membuat soal online menggunakan Google Form, berikut penjelasan mengenai fungsi dan opsi yang tersedia pada laman pembuatan formulir baru.

Cara membuat Soal Online menggunakan Google Form

Keterangan gambar:

  1. Judul formulir;
  2. Deskripsi formulir;
  3. Opsi jawaban yang akan dipilih, apakah esai atau pilihan ganda. Variasi jawaban yang tersedia dapat dilihat pada poin 12;
  4. Kolom pertanyaan, silakan isi dengan pertanyaan yang akan diajukan;
  5. Kolom jawaban (mengikuti jenis jawaban yang dipilih pada poin 03);
  6. Kunci jawaban dan jumlah poin dari pertanyaan tersebut;
  7. Tombol untuk menyalin pertanyaan;
  8. Tombol untuk menghapus pertanyaan;
  9. Aktifkan opsi ini untuk menjadikan pertanyaan wajib dijawab/diisi oleh peserta ujian;
  10. Menu lanjutan (mengikuti jenis jawaban yang dipilih pada poin 03);
  11. Menu untuk menambahkan pertanyaan baru, menambahkan gambar, video, dll;
  12. Jenis jawaban yang dapat digunakan. Untuk membuat soal ujian online akan menggunakan jenis jawaban singkat, paragraf dan pilihan ganda.

Membuat kolom isian Nama, Kelas atau NISN

Pertama kita isi judul form dan deskripsinya sesuai kebutuhan. Setelah itu kita buat kolom isian untuk Nama Lengkap dan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Silakan isi kolom pertanyaan dengan Nama Lengkap kemudian ubah opsi jawaban menjadi Jawaban singkat. Centang opsi Wajib diisi agar semua siswa mengisi nama lengkap mereka. Untuk membuat isian NISN, bisa langsung disalin dari kolom Nama Lengkap kemudian ubah pertanyaannya dengan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN). Hasilnya kurang lebih seperti gambar dibawah.

Contoh Soal Ujian Online

Pada pertanyaan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) secara otomatis sistem menambahkan validasi respon berupa angka. Yang artinya, respon dari pertanyaan tersebut hanya diperbolehkan diisi oleh angka saja. Silakan hapus opsi tersebut apabila isiannya bisa berupa angka atau huruf.

Selanjutnya kita akan mulai membuat soal ujian, untuk memisahkannya dengan kolom nama, kita buat bagian baru yang isinya khusus untuk soal-soal ujian pilihan ganda. Caranya sebagai berikut.

Menambahkan Bagian pada Google Form

Klik pada ikon tambahkan bagian seperti pada gambar diatas. Silakan isi judul bagian, misal isi dengan: Pilihlah jawaban yang sesuai. Setelah diisi hasilnya akan terlihat seperti gambar dibawah.

Cara membuat Google Formulir

Klik pada ikon tambahkan pertanyaan seperti pada gambar di atas untuk memulai membuat soal ujian.

Cara membuat Soal Pilihan Ganda

Silakan ubah opsi jawaban menjadi Pilihan ganda kemudian isi pertanyaan. Isi juga opsi jawaban yang tersedia, seperti gambar dibawah.

Advertisement
Cara membuat Pilihan Ganda pada Google Form

Apabila semua telah terisi, selanjutnya klik pada Kunci jawaban untuk mengisi jawaban yang benar dan poin dari pertanyaan tersebut. Karena pada contoh yang akan kita buat terdiri dari 5 soal, jadi tiap soal akan kita beri poin 20.

Cara mengatur jawaban benar pada Google Form

Cara membuat Soal Esai

Untuk soal esai, opsi jawaban yang dapat digunakan adalah Jawaban singkat atau Paragraf untuk jawaban yang lebih panjang. Pada contoh dibawah kita akan menggunakan Jawaban singkat, selengkapnya bisa dilihat seperti pada gambar dibawah.

Cara membuat Soal Esai di Google Form

Seperti pada soal pilihan ganda, kita tentukan kunci jawaban dan poin dari pertanyaan tersebut.

Cara mudah membuat Soal Esai pada Google Form

Cara menambahkan gambar pada soal

Untuk menambahkan gambar, arahkan kursor pada pertanyaan yang telah dibuat kemudian klik pada ikon upload gambar di samping pertanyaan. Caranya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah.

Cara menambahkan gambar pada Google Form

Kita bisa mengunggah gambar dari komputer untuk disisipkan kedalam soal, bisa juga menggunakan kamera apabila komputer terhubung ke webcam, melalui URL gambar, dari album foto dan Google Drive atau dari penelusuran gambar Google.

Mengatur gambar pada Google Form

Untuk mengatur posisi gambar, mengubah dan menghapusnya, klik pada ikon menu di samping kiri atas gambar. Dan untuk mengatur ukuran gambar, klik pada gambar kemudian tarik dari sudut untuk memperbesar atau memperkecilnya.

Cara menambahkan gambar pada opsi Pilihan Ganda

Untuk menambahkan gambar pada opsi pilihan ganda caranya sama dengan menambahkan gambar pada soal. Arahkan kursor pada opsi pilihan ganda kemudian klik pada ikon upload gambar disamping opsi jawaban. Caranya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah.

Cara menambahkan gambar pada Pilihan Ganda Google Form

Cara membuat Validasi pada jawaban

Dengan adanya validasi respon pengisi formulir akan diarahkan untuk mengisi data dengan format yang benar. Misalnya, ketika pertanyaan ditujukan untuk menanyakan alamat email maka kolom jawaban hanya bisa diisi dengan format alamat email yang benar (contoh: halo@mahiroffice.com). Contoh lainnya seperti pada gambar dibawah, dimana jawaban dari pertanyaan dibawah berupa angka. Mari kita atur agar siswa hanya bisa mengisi angka tertentu pada kolom jawabannya.

Cara menambahkan validasi pada Google Form

Klik pada menu di pojok bawah kanan pertanyaan kemudian klik Validasi respons. Terdapat 4 jenis validasi yang dapat digunakan, secara umum yang sering digunakan adalah angka, teks dan panjang.

  • Angka, mewajibkan jawaban berupa angka saja;
  • Teks, mewajibkan jawaban berupa teks tertentu, format alamat email atau URL;
  • Panjang, mewajibkan jawaban teks yang panjang dengan minimal atau maksimal kata.
  • Ekspresi reguler, mewajibkan jawaban teks agar sesuai dengan formula tertentu yang di pilih. Pelajari ekspresi reguler lebih lanjut, silakan klik pada tautan berikut.

Untuk soal di atas, pilih validasi Angka dengan ketentuan Adalah angka yang artinya jawaban harus diisi oleh angka dengan nilai berapa pun. Caranya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah.

Contoh validasi angka pada Google Form

Selanjutnya Anda dapat membuat validasi sendiri, dengan ketentuan yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. Hasil dari tutorial cara membuat soal online ini dapat di akses pada tautan berikut. Selamat mencoba, jangan lupa tinggalkan komentar dibawah apabila ada yang tidak dimengerti ya… 🤩🤩

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *