Hingga saat ini aplikasi WhatsApp tetap menjadi aplikasi chatting yang paling banyak digunakan di Indonesia, meskipun sudah banyak aplikasi sejenis dengan fitur yang tak kalah menarik. Banyak sekali fitur yang disediakan oleh aplikasi ini diantaranya adalah grup dengan kapasitas anggota hingga 256 orang, panggilan video dan audio, berkirim pesan text, audio, video, dokumen dan gambar.

Dengan banyaknya fitur yang tersedia, aplikasi ini juga sangat membantu para pengusaha online dalam mempromosikan produk-produknya. Terlebih kini telah hadir WhatsApp Business yang khusus diperuntukkan bagi para pebisnis kecil. Pada WhatsApp Business terdapat fitur dimana pengguna dapat menambahkan katalog produk dan mendeskripsikan tentang bisnis mereka.

Fitur lainnya yang juga banyak digunakan adalah fitur klik untuk chat, dimana pengguna dapat mengirim chat kepada seseorang tanpa harus menyimpan nomornya terlebih dahulu di buku alamat telepon. Untuk memulai chat, Anda cukup mengklik tautan yang nantinya diarahkan membuka aplikasi WhatsApp (di Android, iPhone atau WhatsApp Web) dan melakukan chat dengan nomor tersebut. Fitur ini biasanya digunakan oleh para online shop yang bertujuan untuk mempermudah melakukan proses transaksi. Bisa juga ditulis di bio Instagram akun jualan atau dibagikan pada status jualan di marketplace Facebook. Berikut cara membuat link auto-chat WhatsApp.

Gunakan tautan https://wa.me/<nomor> di mana <nomor> adalah nomor telepon Anda dalam format internasional. Hilangkan angka nol, tanda plus, tanda kurung atau setrip pada penulisan nomornya. Untuk negara Indonesia kode internasionalnya adalah 62, jadi apabila nomor Anda adalah 085244002220, hapus tanda nol di awal dan ubah menjadi 6285244002220.

Advertisement

Jadi penulisan tautan yang benar adalah: https://wa.me/6285244002220

Dan bukan: https://wa.me/+6285244002220 atau https://wa.me/(6285)244002220 atau https://wa.me/085244002220

Daftar kode telepon internasional Negara-Negara di kawasan Asia Tenggara dapat dilihat pada daftar berikut:

NegaraKode
Indonesia62
Malaysia60
Filipina63
Singapura65
Thailand66
Brunei Darussalam673
NegaraKode
Kamboja855
Vietnam84
Laos856
Myanmar95
Papua Nugini675
Timor Leste670

Membuat tautan dengan pesan yang telah terisi

Dengan menambahkan pesan otomatis, seseorang yang mengklik tautan tidak perlu lagi mengetik apapun karena pada kolom chat yang terbuka akan otomatis terisi oleh pesan tertentu. Gunakan format berikut untuk membuat tautan dengan pesan yang telah terisi https://wa.me/<nomor>?teks=<teksberkodeURL> dimana <nomor> adalah nomor telepon Anda dalam format internasional dan <teksberkodeURL> adalah pesan otomatis berkode URL.

Menurut Wikipedia, teks berkode URL atau juga dikenal sebagai URL encoding, adalah metode untuk menyandikan informasi dalam Uniform Resource Identifier dalam keadaan tertentu.

Kita ambil contoh teks yang akan ditambahkan adalah:

Halo mahiroffice, saya mau membeli produknya!

Maka teks berkode URL-nya adalah:

Halo%20mahiroffice%2C%20saya%20mau%20membeli%20produknya!

Hmmm, agak sulit ya memahaminya 😨😩🤢 baiklah, untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita gunakan tools untuk membuat teks berkode URL 🤭 silakan buka laman https://urldecode.org/ kemudian tempel teks yang akan diubah dan salin kembali hasilnya.

Advertisement
cara encode decode text untuk whatsapp

Tambahkan teks pada tautan sehingga menjadi seperti berikut:

https://wa.me/6285244002220?text=Halo%20mahiroffice%2C%20saya%20mau%20membeli%20produknya%21

Untuk menguji hasilnya silakan klik tautan berikut: chat dengan auto-text. Anda akan diarahkan untuk membuka aplikasi WhatsApp dan memulai chat dengan nomor 085244002220 dengan pesan “Halo mahiroffice, saya mau membeli produknya!”. Seperti terlihat pada gambar dibawah.

Cara membuat Link Auto-Chat WhatsApp

Cukup mudah bukan? Kini Anda telah memiliki tautan auto-chat sendiri dan siap dibagikan dan digunakan untuk berinteraksi dengan para pelanggan Anda atau untuk dijadikan bio pada laman Instagram. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *