Kolom Pencarian Menu Utama

Berdasarkan jumlah pengunjung, saat ini marketplace ter populer di Indonesia adalah Shopee. Dimana pada kuartal ke 1 tahun 2020 pengunjung unik Shopee tiap bulannya bisa mencapai lebih dari 70jt. Kemudian di ikuti oleh Tokopdia, Bukalapak, Lazada dan Blibli (sumber: iprice.co.id dikutip pada 24 Juni 2020). Di jaman yang “serba online” ini memang sudah seharusnya dimanfaatkan untuk mendapatkan sumber penghasilan tambahan. Salah satunya dengan membuat akun Shopee untuk jualan.

Karena akun Shopee yang akan kita buat di khususkan untuk berjualan, selain nomor telepon aktif ada beberapa hal yang harus dipersiapkan, diantaranya adalah:

  1. Nomor rekening, digunakan untuk proses transfer dana dari transaksi yang telah sukses dilakukan;
  2. Memiliki KTP, yang akan digunakan untuk pendaftaran gratis ongkos kirim dari Shopee;
  3. Alamat email, tidak wajib tapi sangat disarankan untuk menghubungkan akun jualan kita dengan email aktif untuk menjaga keamanan akun.

Persiapan username atau nama pengguna yang “menjual”

Cara membuat akun Shopee

Pada gambar di atas, poin 01 merupakan username atau nama pengguna dan poin 02 merupakan nama toko. Username sifatnya permanen dan tidak dapat diubah, oleh sebab itu kita harus benar-benar memikirkan username yang mudah di ingat, unik, “menjual” dan tentunya berkaitan dengan produk yang akan dijual. Sedangkan untuk nama toko masih bisa diubah maksimal 1 bulan sekali. Username yang digunakan juga akan menjadi alamat toko kita, contohnya iBox Official Shop dengan username iboxofficial toko Shopee-nya dapat di akses dengan alamat https://shopee.co.id/iboxofficial.

Agar lebih “menjual” dan meyakinkan calon pembeli, username yang akan digunakan bisa ditambahkan kata official atau original. Contohnya apabila hendak menjual produk Bakso Aci. Kita dapat menambahkan kata original di akhir kalimat sehingga namanya menjadi Bakso Aci Original dengan username basoacioriginal atau yang lebih pendek dan unik bacioriginal.

— advertisement —

Cara membuat akun Shopee di Android

Untuk membuat akun Shopee bisa menggunakan komputer dengan mengunjungi alamat berikut: https://shopee.co.id/buyer/login/signup atau bisa juga menggunakan smartphone (Android atau iPhone) tentunya download terlebih dahulu aplikasinya di App Store atau Google Play Store. Pada tulisan kali ini kita akan membuat akun Shopee menggunakan aplikasi Android, silakan download terlebih dahulu aplikasinya pada tautan berikut: https://shopee.co.id/web.

cara menganti nomber page dalam laporan

Setelah di download silakan buka aplikasinya, kemudian tap Saya (poin 01) di bagian pojok kanan bawah. Dilanjutkan tap pada tombol Daftar (poin 02) di bagian kanan atas. Masukan nomor telepon yang akan digunakan (poin 03). Pastikan dapat menerima panggilan telepon atau SMS sebagai verifikasi pembuatan akun. Tap lanjut apabila nomor yang dimasukkan telah benar, tunggu kode verifikasi yang akan dikirimkan oleh Shopee melalu panggilan telepon atau SMS. Apabila kode verifikasi telah diterima, silakan masukan kemudian tap Lanjut. Terakhir, atur kata sandi (poin 04) untuk masuk ke akun Shopee kita di komputer atau pada smartphone. Pastikan memilih kata sandi yang aman, gunakan kombinasi huruf kecil, huruf besar (kapital), simbol dan angka dalam membuat kata sandi. Tap Daftar untuk menyelesaikan pendaftaran.

Cara mengatur username akun Shopee

Cara mengatur username akun Shopee

Selanjutnya kita akan mengatur username dan menambahkan alamat email. Tap Saya di bagian pojok kanan bawah, kemudian tap ikon gear (Pengaturan) > Profil saya. Silakan atur username (poin 01) sesuai kebutuhan. Pastikan Anda telah menyiapkan username yang tepat, karena username hanya bisa diubah sekali (poin 02).

Masih di halaman Ubah Profil, untuk menambahkan email silakan scroll ke bagian bawah dan tap pada Email (poin 03). Anda akan menerima sebuah email verifikasi, silakan buka email tersebut kemudian tap pada tombol verifikasi untuk menyelesaikan proses penambahan email pada akun Shopee.

Cara menambahkan alamat toko dan nomor rekening pada akun Shopee

Cara membahkan alamat toko Shopee

Masih pada laman Pengaturan, tap Alamat Saya > Tambah alamat baru (poin 01). Silakan isi semua kolom yang tersedia, seperti: Nama Toko; No. Telepon dan alamat lengkap (poin 02). Tap Kirim apabila semua informasi sudah diisi dengan benar.

Cara membahkan nomor rekening pada akun Shopee

Kembali ke laman Pengaturan kemudian tap Kartu / Rekening Bank > Tambah Rekening Baru (poin 01), untuk menambahkan nomor rekening (poin 02). Tap Lanjutkan apabila semua informasi sudah diisi dengan benar (poin 03).

Selamat, sekarang Anda telah berhasil membuat akun Shopee dan siap digunakan untuk berjualan. 👏👏👏 Untuk pengalaman yang lebih baik, Anda dapat mengakses laman penjual Shopee pada laman Shopee Seller Centre dengan alamat: https://seller.shopee.co.id. Silakan masukan username dan kata sandi yang telah dibuat.

— advertisement —

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *