Cara Membuat Daftar Pustaka pada Microsoft Word

Daftar pustaka merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam sebuah makalah atau skripsi. Dengan adanya daftar pustaka, pembaca akan mengetahui sumber dan referensi dari materi-materi yang di bahas, juga bisa mencegah plagiarism.

–advertisement–

Dalam membuat Daftar pustaka yang baik dan benar tentunya ada beberapa aturan yang harus dipenuhi yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penulisan daftar pustaka disusun berdasarkan nama pengarang buku secara alfabetis mulai dari A-Z dan ditulis nama belakang terlebih dahulu dilanjutkan dengan penulisan tahun penerbitan buku dalam kurung dan diakhiri titik;
  2. Lanjutkan dengan menulis judul buku yang diketik secara miring (italic) dan diakhiri titik;
  3. Lanjutkan dengan menuliskan tempat buku diterbitkan, tambahkan tanda baca titik dua kemudian dilanjutkan penerbit buku.

Contoh:

Krug Steve (2013). Don’t Make Me Think “Panduan Praktis Membangun Web yang Logis”. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.

Aturan diatas merupakan salah satu aturan penulisan daftar pustaka yang bersumber dari sebuah buku. Tentunya untuk sumber-sumber lainnya seperti majalah, paper, makalah dan laman web akan memiliki aturannya tersendiri. Bagaimana apabila dokumen yang sedang kita kerjakan memiliki banyak sekali daftar pustaka? Akan sedikit merepotkan tentunya, tetapi jangan khawatir karena terdapat cara yang lebih mudah dan simple untuk membuat daftar pustaka yang bisa secara otomatis tersusun berdasarkan alfabetis. Caranya adalah sebagai berikut.

–advertisement–

Silakan buka aplikasi Ms. Word pada komputer Anda. Kemudian klik Ribbon References › Manage Sources (Poin 01 & 02). Akan keluar jendela baru bernama Source Manager. Pada jendela tersebut klik New… (Poin 03).

Susunan daftar pustaka yang baik dan benar

Setelah tombol New… di klik akan kembali terbuka jendela baru bernama Create Source. Pertama silakan pilih bahasa yang terdapat pada kolom Language (Poin 04), dianjutkan memilih sumber daftar pustaka yang akan dimasukan (Poin 05) misal web, dokumen atau buku.

Menambahkan daftar pustaka pada Word

–advertisement–

Sebagai contoh, penulis mengambil sumber dari Website, silakan isi seluruh data yang dibutuhkan (Poin 06) kemudian klik Ok untuk menyimpannya.

Daftar pustaka otomatis pada Word

Apabila akan menambahkan sumber lainnya silakan klik New… seperti pada langkah diatas sehingga semua sumber yang akan dijadikan daftar pustaka berhasil dimasukan. Close jendela Source Manager dan untuk menampilkan daftar pustaka pada lembar kerja Ms. Word caranya adalah klik pada Ribbon References › Bibliography › Insert Bibliography (Poin 07, 08 & 09), maka dengan otomatis semua daftar pustaka yang telah ditulis akan ditampilkan secara berurutan dan rapi.

Mengatur daftar pustaka pada Word

–advertisement–

Bagaimana apabila menambahkan sumber baru?

Untuk menambahkan sumber baru kedalam daftar pustaka kita caranya sangat mudah, kembali ke langkah pertama dan tambahkan sumber baru. Untuk memperbarui daftar pustaka yang telah dibuat caranya cukup dengan meng klik kanan kemudian Update Field maka secara otomatis sumber baru tersebut akan ditambahkan.

Editor dan penulis di MahirOffice.com, kritik, saran dan masukan silakan kirim ke mahirofficedotcom@gmail.com.

Related with “

Cara Membuat Daftar Pustaka pada Microsoft Word

Fungsi IF & Multiple IF pada Microsoft Excel

Formula IF merupakan salah satu formula yang sering digunakan ketika sedang bekerja dengan Microsoft Excel. Formula IF berfungsi untuk mengambil…

Penggunaan Fungsi SUMPRODUCT pada Excel

SUMPRODUCT merupakan salah satu fungsi pada Microsoft Excel yang berfungi untuk mengalikan komponen-komponen terkait dalam array yang diberikan dan mengembalikan…

Kumpulan fungsi Microsoft Excel yang biasa digunakan

Microsoft Excel adalah sebuah aplikasi spreadsheet yang biasa digunakan untuk melakukan perhitungan data. Pada aplikasi ini terdapat beberapa fungsi yang…

Tip Melakukan Copas Agar Rapi Pada Word

Ketika kita hendak mengcopy-paste atau copas text dari artikel pada laman website biasanya hyperlink dan formating seperti warna huruf, bentuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *