Microsoft Excel adalah apilikasi yang sangat membantu dalam melakukan perhitungan, banyak sekali fungsi-fungsi pada Ms. Excel yang bisa mempermudah pengguna menyelesaikan pekerjaan perhitungannya. Tampilan pada Ms. Excel adalah sheet atau lembar kerja dengan kolom-kolom atau yang biasa disebut sel. Terkadang pengguna mengalami kebingungan ketika hendak mencetak (print) hasil pekerjaannya pada sheet Ms. Excel. Sebenarnya terdapat trik untuk mengatur print area pada Ms. Excel. Caranya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, Blok seluruh sel yang hendak di print (Poin 01 pada gambar di bawah). Kemudian klik pada Ribbon Page Layout > Print Area > Set Print Area (Poin 02 dan 03 pada gambar di bawah). Sehingga area print akan dikelilingi oleh garis putus-putus, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara mengatur Print Area Excel

Untuk melihat pratinjau (preview) area yang akan di print silakan klik Ribbon View > Page Break Preview (Poin 04 dan 05 pada gambar di bawah). Jika keluar pop-up windows klik Ok. Disana akan terlihat dokumen yang hendak di print. Apabila area dokumen melebihi ukuran kertas maka akan dibagi kedalam beberapa halaman dengan tanda tulisan tipis Page 1, Page 2, dst yang di pisah oleh garis biru tebal putus-putus (Poin 06 pada gambar di bawah), agar dokumen bisa masuk kedalam satu lembar kertas, pengguna bisa menarik garis biru tebal putus-putus tersebut ke samping atau kebawah hingga mengenai garis pinggir. Sekarang dokumen Anda siap di print.

Cara print pada Excel

Klik Ribbon File > Print atau gunakan shortcut Ctrl + P untuk mencetak dokumen. Pada laman print preview, kita bisa mengatur ukuran kertas yang akan digunakan. Apabila Anda pengguna printer Epson dan hendak mencetak dokumen kedalam ukuran kertas F4 (Folio), silakan baca artikel: cara menambahkan ukuran kertas F4 pada printer.

Advertisement
Print Dokumen pada Excel

Silakan atur printer yang akan digunakan (poin 07) kemudian atur orientasi kertas (poin 08) apakah melebar (landscape) atau bentuk berdiri (portrait). Jangan lupa untuk memilih ukuran kertas yang akan digunakan untuk mencetak (poin 09). Hasilnya akan terlihat pada pratinjau di sebelah kanan layar.

Cara Mengatur Margin pada Excel

Pada pratinjau hasilnya terlihat seperti gambar di atas. Perhatikan, ternyata margin kiri dan kanan pada dokumen tersebut tidak rata. Berikut cara mengatasinya.

Cara mengatur Margin pada Excel

Klik pada pengaturan margin (poin 10), scroll kebawah dan pilih Custom Margins… akan keluar jendela Page Setup, silakan atur magin atas, kanan, bawah dan kiri sesuai kebutuhan.

Mengatur Margin pada Excel agar Rata Tengah

Agar isi dokumen berada di tengah-tengah jangan lupa centang opsi Center of page (poin 12). Pilih Horizontally untuk rata secara horizontal dan pilih Vertically untuk rata secara vertikal (tegak lurus). Klik Ok untuk menyimpan pengaturan, sekarang dokumen Anda sudah siap di cetak.

Pada Ms. Excel 2010 atau yg terbaru, Mengatur Skala bisa lebih mudah… ✨🎉

Pada Microsoft Excel versi 2010 atau yg terbaru cara mengatur isi dokumen agar bisa masuk kedalam lembar cetak bisa lebih praktis. Apabila dokumen sudah selesai di cetak, langsung masuk ke laman print preview menggunakan shortcut Ctrl + P. Lihat kembali pada gambar di atas, klik pengaturan skala dokumen (poin 09). Terdapat beberapa opsi yang bisa digunakan, diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengaturan Skala pada Print Area Excel
  1. No Scaling, isi dokumen akan dicetak sesuai ukuran asli.
  2. Fit Sheet on One Page, isi dokumen akan diskalakan ukurannya sehingga masuk kedalam satu lembar kertas.
  3. Fit All Columns on One Page, isi dokumen akan diskalakan berdasarkan lebar kertas.
  4. Fit All Rows on One Page, isi dokumen akan diskalakan berdasarkan tinggi kertas.

Atau klik pada Custom Scalling Options… untuk mengatur skala sesuai kebutuhan (poin 12).

Scaling Options pada Excel

Advertisement

Satu Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *