Mengatur Ukuran Kertas Pada Print Area Excel

Microsoft Excel adalah apilikasi yang sangat membantu dalam melakukan perhitungan, banyak sekali fungsi-fungsi pada Ms. Excel yang bisa mempermudah pengguna menyelesaiakan pekerjaan perhitungannya. Tampilan pada Ms. Excel adalah sheet atau lembar kerja dengan kolom-kolom atau yang biasa disebut sel. Terkadang pengguna mengalami kebingungan ketika hendak mencetak (print) hasil pekerjaannya pada sheet Ms. Excel. Sebenarnya terdapat trik untuk mengatur print area pada Ms. Excel. Caranya sangatlah mudah, berikut langkah-langkahnya.

Pertama, Blok seluruh sel yang hendak di print (Poin 01 pada gambar di bawah). Kemudian klik pada Ribbon Page Layout > Print Area > Set Print Area (Poin 02 dan 03 pada gambar di bawah). Sehingga area print akan dikelilingi oleh garis putus-putus, untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

mengatur print area excel

Untuk melihat pratinjau (preview) area yang akan di print silakan klik Ribbon View > Page Break Preview (Poin 04 dan 05 pada gambar di bawah). Jika keluar popup windows klik Ok. Disana akan terlihat dokumen yang hendak di print. Apabila area dokumen melebihi ukuran kertas maka akan dibagi kedalam beberapa halaman dengan tanda tulisan tipis Page 1, Page 2, dst yang dipisah oleh garis biru tebal putus-putus (Poin 06 pada gambar di bawah), agar dokumen bisa masuk kedalam satu lembar kertas, pengguna bisa menarik garis biru tebal putus-putus tersebut ke samping atau kebawah hingga mengenai garis pinggir. Sekarang dokumen Anda siap di print.

cara ngeprint di excel


Tip Bagi Pengguna Ms. Excel 2010 dan 2013

Apabila dokume sudah siap di cetak, klik Ribbon File > Print, pada print preview terdapat fitur skala (Poin 07 pada gambar di bawah) yang akan dengan mudah mengatur dokumen agar muat kedalam ukuran kertas yang dikehendaki.

agar ngeprint excel muat satu lembar

Tulisan Terkait

Mengatur Ukuran Kertas Pada Print Area Excel

Disclaimer | Privasi