Susunan Makalah yang Baik & Benar 2016

Hampir semua guru mata pelajaran di sekolah pasti pernah menugaskan siswanya untuk membuat makalah, itulah yang menjadikan makalah sangat identik dengan para siswa. Tetapi meskipun telah menjadi tugas sehari-hari, masih banyak para siswa yang belum mengetahui mengenai susunan makalah yang baik dan benar. Terkadang makalah yang kita buat hanyalah artikel-artikel yang di copy-paste dari internet kemudian diberi halaman judul dan daftar pustaka tanpa diperhatikan susunan dan kerapihannya.

Selain akan mendapatkan nilai plus dari guru maka pelajaran yang bersangkutan, belajar membuat makalah yang baik dan benar juga tentunya akan melatih kedisiplinan kita. Terlebih, ketika kita masuk ke jenjang perguruan tinggi kita akan dihadapkan dengan pembuatan skripsi yang penuh dengan aturan. Apabila sudah dibiasakan membuat makalah yang baik dan benar, tentunya membuat skripsi pun tidak akan terasa sulit.


01. Susunan makalah yang baik dan benar

Berikut susunan pembuatan makalah yang baik dan benar:

  1. Halaman judul (jilid), Halaman ini merupakan halaman paling depan dari sebuah makalah, pada halaman judul (cover) biasanya terdiri dari judul makalah, nama pembuat makalah, logo, nama dan alamat sekolah atau perguruan tinggi;
  2. Lembar pengesahan (jika ada);
  3. Kata pengantar;
  4. Daftar isi;
  5. Daftar tabel (jika ada);

Setelah poin-poin diatas barulah masuk kedalam isi makalah, isi makalah secara umum terdiri dari 3 bab diantaranya adalah:

  1. Bab pendahuluan, bab ini terbagi kedalam 3 sub, yaitu: latar belakang, ruang lingkup, maksud dan tujuan pembuatan makalah;
  2. Bab pembahasan, bab ini merupakan inti dan berisi pembahasan materi yang dijadikan makalah;
  3. Bab penutup, bab ini terbagi kedalam 2 sub, yaitu: kesimpulan dan saran;

Terakhir, dilanjutkan dengan bagian penutup makalah yang terdiri dari:

  1. Daftar pustaka;
  2. Lampiran-lampiran (jika ada).


02. Format penulisan pada Ms. Word

Selain susunan penulisan yang baik dan benar, format penulisan pada saat mengetiknya pun memiliki aturan tersendiri. Secara umum, makalah yang baik memiliki format penulisan seperti dibawah ini:

  1. Margin atas 3cm, kanan 3cm, bawah 3cm dan kiri 4cm dengan spasi 1,5 pada kertas berukuran A4;
  2. Font yang digunakan biasanya adalah Arial atau Times New Roman dengan ukuran 12;
  3. Untuk bagian awal hingga sebelum isi menggunakan penomoran halaman romawi (i, ii, iii, ...) dan penomoran halaman biasa (1, 2, 3, ...) pada bagian isi hingga selesai.

Setelah, makalah selesai diketik dan diedit tahap terakhir adalah mencetaknya, cetak dokumen pada kertas A4 70gr atau 80gr. Silakan baca juga artikel kami lainnya apabila Anda akan masukan rumus-rumus matematika dan ayat suci Al-Qur'an pada makalah yang sedang dikerjakan.

Tulisan Terkait

Susunan Makalah yang Baik & Benar 2016

Disclaimer | Privasi